Kamis, 28 Maret 2024

Disdukcapil Bagikan 30 e-KTP Korban Kebakaran

Berita Terkait

Komsiah bersama anaknya Yola korban kebakaran ruli Baverly sedang memilih baju yang masih layak pakai dari bantuan para donatur di posko penampungan dikantor Bersama Pemko Batam, Jumat (20/7). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam membuka pelayanan pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) kepada korban kebakaran di ruli Beverly, Jumat (20/7).

Kepala Disdukcapil Batam, Said Khaidar mengatakan mengatakan hari pertama dibuka, pelayanan sudah mencetak 30 keping e-KTP milik warga setempat.

Ia menjelaskan kebarakan yang terjadi beberapa waktu lalu menyebabkan semua barang hingga dokumen milik warga ikut terbakar. Akibatnya warga tidak memiliki kartu indentitas.

“Jadi yang langsung dicetak mereka yang sudah punya e-KTP Batam. Untuk mencetak kembali tidak butuh waktu lama,” kata Said.

Ia menambahkan saat ini pihaknya masih mendata semua korban. Data yang diterima langsung dicek ke sistem untuk menentukan status warga.

“Ada yang belum merekam juga. Ada satu mobil yang standby di lokasi. Jadi kami membantu melengkapi dokumen kependudukan mereka,” jelas mantan camat Batuampar ini.

Said menambahkan e-KTP merupakan salah satu dokumen yang penting bagi berbagai pengurusan, jadi pihaknya berupaya jemput bola untuk membantu warga.

“Kami memberikan kemudahan, jangan sampai mereka tak punya KTP, apalagi semua dokumen yang menjadi persyaratan permohonan sudah ludes terbakar,” beber Said.

Ia memperkirakan ada ratusan orang yang kehilangan e-KTP mereka. Sebagai instansi yang membawahi pengurusan kependudukan, ia berharap kebutuhan akan kartu identitas bisa terselesaikan dalam waktu dekat ini.

“Ya mudah-mudahan tak lama prosesnya. Karena mereka butuh juga untuk mengurus yang lain,” lanjutnya.

Said menambahkan, pencetakan dan perekaman e-KTP ini juga merupakan persiapan untuk menghadapi pesta demokrasi tahun depan.

“Jangan sampai mereka kehilangan haknya Makanya semakin cepat semakin baik,” ucapnya

Sebelumnya Disdukcapil juga membuka perekaman e-KTP ke sekolah dan sejumlah lokasi untuk menyelesaikan perekaman. Selain menyasar pemilih pemula, saat ini masih ada 20 ribu warga Batam yang belum mereka.(yui)

Update