Happy Bike

batampos.co.id – Bersepeda tidak hanya menyalurkan hobi, tetapi juga mencari kesehatan. Hal inilah yang jadi latar belakang terbentuknya Happy Bike, salah satu komunitas sepeda yang ada di Kota Batam.

Happy Bike seolah tak pernah alpa mengikuti kegiatan bersepeda, khususnya yang digelar di Batam. Komunitas yang dibentuk sejak 2014 ini, juga mengikuti Fun Bike ATB-BP Batam Festival Hijau yang akan digelar Minggu (29/7) nanti.

“Awalnya kita terbentuk karena sama-sama ingin mencari aktifitas yang sehat. Badan yang sehat, membuat kita lebih happy. Makanya saat itu kami sepakat memberi nama Happy Bike,” kenang Haryanto Sugandha, anggota Happy Bike Batam.

Fun Bike ATB-BP Batam Festival Hijau merupakan kegiatan tahunan yang selalu diikuti Happy Bike Batam. Bagi mereka, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian masyarakat Kota Batam terhadap kondisi daerah tangkapan air yang sudah gundul. Sehingga perlu dilakukan penghijauan demi ketahanan air di Pulau Batam yang harus terus dilestarikan dan dijaga.

“Latar belakangnya karena sama-sama kita peduli lingkungan. Sedih saja melihat hutan saat ini banyak yang ditebang oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Ketika ada kegiatan menanam pohon, kami sangat antusias,” papar Haryanto.

Lewat Fun Bike ATB-BP Batam Festival Hijau ini, ia berharap semakin banyak masyarakat Batam yang peduli terhadap kelestarian lingkungan. Makin banyak yang menyadari bahwa pentingnya menjaga hutan demi kelangsungan anak cucu kita.

“Dengan penanaman pohon akan menghijaukan kembali kawasan hutan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Kota Batam untuk peduli lingkungan dan masa depan sumber air di masa akan datang,” ucap dia.

Pendaftaran peserta juga masih dibuka di seluruh toko sepeda yang ada di Batam, diantaranya Toko sepeda Maxibikes Batam yang beralamat di Jalan Laksamana Bintan, komplek Rezeki Graha Mas blok J Nomor 12, Sei Panas (sebelah RM. Mie Tarempa, Sei Panas). Bisa juga menghubungi di nomor Telp. 0778 472 177, HP/WA 0812 701 6415.

GCI Kepri, selaku marshall pengamanan Fun Bike ATB-BP Batam Festival Hijau mengaku sejumlah persiapan even fun bike telah dimatangkan. Jaka Samudra, ketua GCI Kepri menyatakan bahwa pihaknya tetap mengedepankan keamanan peserta. Sedikinya 30’an anggota GCI Kepri akan ditempatkan di 5 persimpangan dan titik Fun Bike ATB-BP Batam Festival Hijau.

“Setiap pos dan persimpangan kita siapkan anggota,” kata Jaka Samudra.

Gelaran fun bike Festival Hijau 2018 akan dimulai di Kepri Mall. Dari Kepri Mall peserta akan bersepeda melewati Fly Over Laluan Madani, masuk ke Simpang Indomobil dan dilanjutkan ke BC Mall. Setiba di Dam Seiladi, peserta melakukan penanama pohon. Usai dari sana dilanjutkan ke rumah duka, Fly Over, simpang Kabil dan berkumpul lagi di Kepri Mall.

“Persiapan kita sudah 100 persen. Anggota GCI Kepri inilah nanti yang menjaga dan mengamankan peserta Fun Bike ATB-BP Batam Festival Hijau. Kalau ada yang kram atau salah arah, akan diarahkan anggota kami,” jelas Jaka. (rng)