PESERTA LKAD yang digelar DPD PAN Karimun di Gedung Nasional. Kegiatan yang digelar selama tiga hari ini dalam rangka mempersiapkan target lima kursi di DPRD Karimun. F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Dewan Pim­pinan Daerah (DPD) Pa­r­tai Manat Nasional (PAN) Ka­bupaten Karimun menga­da­­kan Pelatihan Kader Amanat Da­sar (LKAD) untuk para bakal ca­lon anggota legislatif (Baca­leg) maupun pengurus DPD PAN di Gedung Nasional, Karimun.

Kegiatan ini digelar dalam rangka mempersiapkan calon anggota legislatif untuk mendulang suara sebanyak mungkin. ’’Melalui LKAD ini, kita berikan pembekalan bagaimana strategi pemenangan Pemilu 2019 nanti. Yang ditergetkan untuk legislatif DPRD Karimun lima kursi,’’ kata Ketua DPD PAN Karimun Anwar Abubakar, kemarin (22/7).

Kegiatan pengkaderan tingkat da­sar ini wajib diikuti seluruh pe­ngurus, terutama bagi yang ikut calon anggota legislatif. Me­reka akan mendapatkan pe­mbekalan tentang sejara PAN, UU Pemilu, kepemimpi­nan, sistem pemerintahan da­erah, dasar-dasar pemasaran partai, teknik penjangkau­an konstituen, dasar-dasar il­mu politik, dan teknik persidangan.

Menurutnya, LKAD merupakan latihan kader yang diselenggarakan pengurus tingkat kabupaten/kota. Sementara untuk tingkat provinsi adalah Latihan Kader Amanat Madya (LKAM) dan pusat adalah Latihan Kader Amanat Utama (LKAU).

”Intinya, kita ingin kader partai menjadi kader militan yang siap bekerja bersama-sama untuk meraih target kursi yang sudah disepakati. Dan PAN sendiri adalah partai kader, siapapun yang bergabung harus mengikuti kegiatan tersebut termasuk saya sendiri,’’ ujarnya.

Sementara peserta LKAD yang mengikuti ada 60 orang dengan narasumber dan instruktur berasal dari DPP PAN dan mantan anggota DPR dan DPRD yang sudah berpengalaman. ”Para peserta juga diberikan wawasan kebangsaan. Yang jelas kita siap mensukseskan Pileg dan Pilpres 2019,’’ tegasnya. (tri)