Para Jemaah Calon Haji yang berasal dari Kabupaten Kampar Riau embarkasi Batam usai menunaikan melaksanakan shlat dzuhur saat tiba di Asrama Haji Batam, Minggu (22/7). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Bupati Bengkalis Amril Mukminin melepas kebarangkatan 450 Jemaah Calon Haji (JCH) kloter 4 Embarkasi Batam. Dari jumlah tersebut empat JCH asal Bengkalis ditunda keberangkatannya ke Tanah Suci karena sakit.

“Selamat menjalankan ibadah haji, selamat pergi dan selamat kembali lagi ke tanah air. Semoga menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” kata Amril saat pelepasan JCH kloter 4, Minggu (22/7).

Pelepasan jamaah dilakukan secara simbolis dengan menyerahkan bendera merah putih kepada Ketua kloter 4, Rajuki bin Ridwan Isa. Tampak hadir saat seremoni pelepasan Sekda Bengkalis, Kabag Kesra Bengkalis, Ketua PKK Kabupaten Inhu, Kepala Kemenag Inhu, Ketua IPHI dan Ketua MUI Kabupaten Inhu. Keberangkatan Jamaah Kloter 4 take off pukul 08.54 WIB.

Amril berpesan pada jamaah untuk senantiasa waspada terhadap segala sesuatu yang bisa membatalkan ibadah haji terutama saat menggunakan pakaian ihram. “Jaga pantang dan larangan dalam berikhram. Jaga barang-barang bawaan dengan baik, jaga kesehatan, jaga pola makan dan kebersihan serta selalu berkoordinasi dengan tim kesehatan,” tandas Amril.

Sekretaris PPIH Embarkasi Batam, Subandi mengatakan, JCH kloter 4 akan diberangkatkan menuju Madinah pada pukul 09:00 WIB dan tiba di Bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz International Airport pukul 13.50 WAS. Pesawat dengan nomor penerbangan SV 5721 TF-AAC mengangkut 201 orang JCH laki-laki dan 249 JCH perempuan dengan total 450 orang JCH.

Komposisi jamaah dalam kloter 4 ini terdiri dari 231 orang asal Kabupaten Bengkalis, 210 orang Indragiri Hulu, dua orang Natuna dan 2 orang Asal Lingga. “Sampai dengan saat ini jumlah JCH yang ada di tanah suci sebanyak 3 kloter dengan jumlah 1.342 orang Jamah,” papar Subandi.

Adapun JCH kloter 4 yang ditunda berangkat ke Tanah Suci atas nama Nevi Nirwana binti Syamsul asal Indragiri Hulu, Abdul Taufik bin Syamsuar, Rodiah binti Atan Uwuk dan Raja Syamsiar bin Dayud

“Berdasarkan Hasil Qur’ah Maktab Tahun 1439 H/ 2018 M, selama berada di Makkah JCH kloter 4 akan menempati rumah di wilayah Misfalah Maktab 50 Sektor 09 Nomor 909,” jelas Subandi. (rng)