Warga melihat umbul-umbul yang dipsang oleh KPU Kota Batam di halaman kantor Lurah Tanjunguncang, Batuaji, Senin (14/5). KPU Kota Batam mensosialisasikan ke[ada masyarakat supaya mengenal partai peserta pemilu atau sadar pemilu. F Dalil Harahap/Batam Pos
batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Batam akan mengecek 1.096 daftar pemilih yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) yang diusulkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam.

“Iya kemarin kami sudah terima nama warga yang informasinya belum memiliki e-KTP tersebut,” kata Kepala Disdukcapil Batam, Said Khaidar, Senin (23/7).

Ia menjelaskan 1.906 pemilih yang sudah didata tim KPU tersebut mengaku belum memiliki e-KTP saat tim menyambangi rumah mereka untuk mendata jumlah pemilih yang akan berpartisipasi di Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun depan.

Kendati demikian, mantan camat Batuampar ini mengungkapkan harus memastikan dulu seribu lebih warga ini benar-benar belum memiliki e-KTP.

“Datanya sudah diproses, kami ingin melihat apakah warga ini belum merekam atau sudah. Sistem nanti akan menunjukkan posisi e-KTP mereka jika sudah merekam. Mungkin saja mereka belum mengambil di kantor camatnya,” bebernya.

Ia menargetkan proses pengecekan akan selesai sebelum tanggal 12 Agustus mendatang. Setelah pengecekan dilakukan, jika banyak dari mereka yang belum merekam, Disdukcapil akan jemput bola dengan membuka pelayanan perekaman keliling.

“Kalau mereka sudah mereka kami tinggal cek keberadaan e-KTPnya saja lagi,” jelasnya.

Pencetakan e-KTP tidak ada masalah, saat ini disdukcapil memiliki blanko e-KTP yang cukup untuk menuntaskan e-KTP pemilih ini.

“Soal blanko aman, jadi tak ada kendala dengan e-KTP mereka,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua KPU Batam, Syahrul Huda mengatakan data 1.096 didapat setelah Pantarlih melakukan pencocokan data pemilih beberapa waktu lalu.

“Iya hasilnya cukup banyak yang belum punya e-KTP,” ujarnya.

Data pemilih yang tak punya e-KTP sudah dilaporkan ke Disdukcapil Batam. Ia berharap seluruh pemilih yang belum memiliki e-KTP ini bisa diproses agar bisa menggunakan haknya. (yui)