batampos.co.id – Sebanyak 45 kepala keluarga (KK) di Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep, tahun ini mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk merenovasi rumah. Bantuan bersumber dana pusat yang dalam waktu dekat ini akan terealisasi.

“Seluruh penerima adalah warga Desa Batu Kacang, dari tiga dusun yang ada di desa kami,” kata pendamping Desa Batu Kancang Andrian saat ditemui di Kantor Desa Batu Kacang, Selasa (24/7) pagi.

Lebih lanjut Andrian menyampaikan, setiap KK akan mendapatkan bantuan renovasi rumah yang besarnya masing-masing Rp 15 juta. Dana itu sudah termasuk upah tukang sebesar Rp 2,5 juta.

Bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) menyasar seluruh masyarakat berpenghasilan rendah. BSPS tersebut terdiri dari dua jenis bantuan, yakni bantuan Pembangunan Baru (PB) dan peningkatan kualitas.

Sementara itu, peningkatan kualitas juga dibagi menjadi tiga kreteria yakni peningkatan kualitas rumah yang berkondisi rusak ringan, sedang, dan berat. Dana yang dianggarkan untuk kerusakan ringan Rp 7,5 juta, rusak sedang Rp 10 juta, dan bantuan rusak berat Rp 15 juta.
Penerima program BSPS di Desa Batu Kacang adalah penerima dengan kreteria bantuan peningkatan kualitas dengan kategori kerusakan berat dengan jumlah bantuan Rp 15 juta.
Di lokasi yang sama, Kepala Desa Batu Kacang Suharkopeni mengaku gembira karena warganya mendapat bantuan BSPS tersebut. Namun, dia mengharapkan kepada seluruh warga penerima bantuan agar menjalankan program tersebut dengan benar, sehingga tidak mendapat masalah ke depan.
“Kalau penyelesaian sudah ditentukan waktunya, saya harap sesuai dengan waktu yang ditentukan itu,” kata Suharkopeni.(wsa)