batampos.co.id – Gowes Phiton Semanting atau lebih dikenal dengan GPS seolah tak pernah alpa mengikuti kegiatan bersepeda. Komunitas sepeda yang terbentuk sejak 7 Mei 2015 ini kembali menjadi peserta Fun Bike Festival Hijau 2018 yang diselenggarakan PT Adhya Tirta Batam (ATB) bersama BP Batam dan Batam Pos.

“Selama terbentuk kami selalu ikut penghijauan yang diadakan ATB. Alhamdulillah ini yang ketiga kalinya,” ujar ketua GPS, Aditya Warman, Selasa (24/7).

GPS sendiri memiliki 52 orang anggota dari berbagai berbagai kalangan umur, mulai dari anggota dewan sampai pelajar. Awal terbentuknya komunitas ini adalah sebagai wadah mengakomodir para pencinta gowes. “Supaya tidak liar dan sekaligus menjalin silaturahmi serta persaudaraan tanpa batas,” tuturnya.

Selain gowes, GPS juga berperan aktif di lingkungan. Komunitas gowes dari DPRD Kota Batam ini juga sering mengikuti gotong royong bakti sosial dan sosialisasi kepada pemuda tentang bahayanya narkobda dan pergaulan bebas. “Jadi selain gowes, kita juga ada kegiatan sosial dan lingkungan,” ucap Aditya.

Fun Bike Festival Hijau 2018 dianggap penting bagi GPS mengingat penghijauan merupakan salah satu cara mengurai pencemaran udara. Penanaman pohon tidak hanya berfungsi sebagai peneduh tetapi juga menahan penyebaran polusi udara. Oleh sebab itulah diperlukan banyak pohon yang berfungsi penyerap polusi udara.

“Harapan kami kegiatan menanam pohon dan penghijauan ini bisa terus berkesinambungan sehingga Batam akan lebih hijau,” jelasnya.

Gelaran fun bike Festival Hijau 2018 akan dimulai di Kepri Mall. Dari Kepri Mall peserta akan bersepeda melewati Fly Over Laluan Madani, masuk ke Simpang Indomobil dan dilanjutkan ke BC Mall. Setiba di Dam Seiladi, peserta melakukan penanama pohon dan berkumpul lagi di Kepri Mall.

Pendaftaran Fun Bike Festival Hijau 2018 ini dibuka di seluruh toko sepeda di Batam seperti toko sepeda Odesa Botania, Toys Gareden Botania, M’One Nagoya, My Bike Shop Nagoya, Maxi Bikers Seipnas, Polygon Nagoya Hill, Pro Rider Tiban, Kurnia Bike Mega Legenda, Barokah Mega Legenda, Simano Muka Kuning, MTV Biker Batuaji dan Toys Star Batuaji. Selain itu, peserta juga bisa mendaftarkan di bagian informasi Batam Pos di Gedung Graha Pena, lantai 2, Batamcenter.

Untuk biaya pendaftaran cukup membayar Rp 75 ribu. Peserta akan mendapatkan jersey, souvenir, makanan, air minum dan bibit pohon. (rng)