Calon penumpang saat melakukan chek in keberangkatan di Bandara Hang Nadim Batam, Rabu (18/7). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Bandara Internasional Hang Nadim Batam berencana mengganti X Ray yang dimilikinya saat ini dengan teknologi yang lebih canggih. Penggantian X Ray ini dapat meningkatkan pengawasan dan pengamanan di pintu-pintu masuk bandara.
X Ray ini kemungkinan didatangkan ke Hang Nadim, tahun depan.

“Teknologinya sangat baru. Double Viewer,” kata Direktur BUBU Hang Nadim Batam, Suwarso, Selasa (24/7).

Pendeteksian X Ray yang akan didatangkan itu lebih baik, dibandingkan X Ray yang dimiliki Hang Nadim saat ini. Sehingga dapat menunjang kinerja dari satuan pengamanan Hang Nadim (AVSEC). Pengadaan X Ray terbaru ini disebabkan juga dengan maraknya aksi penyelundupan narkoba melalui Hang Nadim.

“Belum tahu pasti datangnya,” ucap Suwarso.

Walaupun begitu, Suwarso mengatakan X Ray yang digunakan Hang Nadim saat ini kualitasnya masih baik. X Ray itu, kata Suwarso baru berusia tiga tahun.

“Biasanya waktu penggunaan X Ray itu sekitar 10 tahun, jadi X ray yang kami miliki saat ini masih bagus. Tidak ada kendala sebenarnya,” ucapnya.

Namun penggantian ini, kata Suwarso dapat menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini di Hang Nadim.

“Semakin canggihnya penyelundupan narkoba atau lainnya, bisa disesuaikan dengan alat yang ada,” tuturnya.

Hang Nadim tidak hanya memiliki X Ray untuk mendeteksi aksi penyelundupan barang-barang ilegal. Tapi juga memiliki alat scan tubuh.

“Ada Body Scanner juga,” tuturnya.

Body Scanner ini, menurut Suwarso dapat mendeteksi lebih baik hingga ke dalam bagian tubuh. Biasanya digunakan saat pemeriksaan badan secara menyeluruh. Beberapa kasus penyelundupan narkoba, berhasil diungkap karena keberadaan alat ini. Salah satunya penyelundupan sabu yang disembunyikan dalam dubur.

Pembaharuan alat ini, menurut Suwarso tidak akan optimal tanpa peningkatan kemampuan satuan pengamanan di bandara. Oleh sebab itu, Suwarso mengatakan setiap periodenya Hang Nadim berusaha meningkatkan kemampuan personel satuan pengamanan di Hang Nadim.

“Baru-baru ini kami juga menambah personel pengamanan. Agar masyarakat merasa nyaman dan aman di Bandara Internasional Hang Nadim,” pungkasnya. (ska)