Kasi Wasdakim Imigrasi Kelas 2 Belakangpadang, Washono. (Bobi/JawaPos.com)

batampos.co.id – Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Imigrasi Kelas 2 Belakangpadang, Washono mengatakan bahwa Kantor Imigrasi Kelas 2 Belakangpadang akan melakukan pengamanan di daerah-daerah terluar di Kecamatan Belakangpadang.

Daerah tersebut berbatasan langsung dengan negara tetangga, Singapura dan Malaysia.

Rencana patroli pengawasan tersebut akan dilakukan pada Agustus mendatang.

Beberapa pulau terluar seperti pulau Pemping, pulau Pecung, dan pulau Nipah yang berbatasan langsung dengan perairan Singapuran akan menjadi titik-titik yang akan disinggahi.

“Wilayah-wilayah ini memang menjadi perhatian kami karena memang berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia,” kata Washono ketika ditemui di kantornya pada Selasa (24/7).

Pengawasan terakhir yang dilakukan, lanjut Washono yakni pemantauan 37 WNA asal Amerika yang melakukan kunjungan wisata selama empat hari di pulau Lengkang, Kecamatan Belakangpadang pada awal Juli lalu.

Selain pengawasan yang rutin dilakukan, pihaknya juga memberikan peningkatan pelayanan yang tentunya memudahkan masyarakat. Salah satunya adalah pelayanan mendatangi rumah-rumah warga yang letaknya berbeda pulau dengan kantor Imigrasi, sehingga meringankan beban masyatakat.

Dengan kegiatan ini, masyarakat tidak lagi memikirkan masalah biaya transportasi untuk mendapatkan pelayanan Imigrasi.

“Alhamdulilah masyarakat terbantu dengan kegiatan kami, masyarakat dimudahkan dan pelayanan bisa optimal,” kata Washono lagi.

(bbi/JPC)