Warga melihat umbul-umbul yang dipsang oleh KPU Kota Batam di halaman kantor Lurah Tanjunguncang, Batuaji, Senin (14/5). KPU Kota Batam mensosialisasikan ke[ada masyarakat supaya mengenal partai peserta pemilu atau sadar pemilu. F Dalil Harahap/Batam Pos
batampos.co.id – Sejumlah Partai Politik (Parpol) mengajukan pergantian bakal caleg (Bacaleg) pasca perbaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam beberapa waktu lalu.

Komisioner Bidang Teknis, KPU Batam, Zaki Setiawan mengatakan setelah dinyatakan semua parpol perlu perbaikan, sejumlah partai mulai bertanya prosedur pengajuan pergantian bacaleg pada Pemilihan Legislatif (Pileg) April 2019 mendatang

“Ada beberapa partai yang ingin mengajukan pergantian bacaleg mereka. Namun masih tanya-tanya prosedurnya,” kata dia, Selasa (24/7).

Ia menjelaskan pergantian boleh dilakukan apabila bacaleg meninggal, mundur dan berkas pengajuan bacaleg dinyatakan tidak memenuhi syarat. KPU lanjutnya, sudah memberikan waktu hingga 31 Juli mendatang untuk melengkapi berkas pengajuan bacaleg yang tidak lengkap tersebut.

“Lain dari tiga hal tersebut pergantian tak bisa dilakukan,” ujarnya.

Berkas yang sudah diserahkan ke masing-masing parpol harus dikembalikan paling lambat batas waktu yang telah ditentukan. Jika parpol tidak mengembalikan berkas, maka dinyatakan gugur.

“Dan itu boleh diganti bacalegnya, jika saat pengembalian berakhir berkas belum juga lengkap,” jelas mantan pewarta ini.

Zaki menambahkan sejak dikembalikan, hingga saat ini belum ada satu parpol yang mengembalikan berkas. Ia mengingatkan parpol untuk segera melengkali berkas jika tidak akan dinyatakan gugur.

“Masih ada sisa waktu kurang lebih satu minggu lagi untuk melengkapi berkas sebelum diserahkan kembali,” imbaunya .

Parpol yang merasa kurang mengerti mengenai berkas yang harus dilengkapi, KPU membuka diri untuk ketersedian informasi terikait kelengkapan berkas tersebut.

“Kami layani jika ada pertanyaan, agar semua perbaikan berjalan dengan baik,” tutupnya.(yui)