Siswa SLB di Natuna mendapat bingkisan dari Dinas Sosial saat peringatan Hari Anak, Selasa (24/7). F. Aulia Ramhan/batampos.co.id 

batampos.co.id – Memeringati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2018, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Natuna berkunjung ke sekolah luar biasa (SLB) di Ranai.

Kunjungan Dinas Sosial tersebut memberikan bingkisan hadiah kepada puluhan anak penyandang disabilitas. Kadis Sosial PPPA Pemkab Natuna Kartina Riauwita mengatakan, pemerintah terus berupaya memberikan motivasi dan semangat kepada anak penyandang disabilitas, agar terus menyelesaikan pendidikan meski dalam kondisi fisik kekurangan.

”Siswa disabilitas punya masa depan. Kekurangan fisik bukan halangan,” kata Kartina, Selasa (24/7). Peringati HAN tahun ini, kata Kartina, tidak mengadakan kegiatan seremonial seperti tahun-tahun sebelumnya, namun lebih mengarah pada bantuan langsung yang manfaatnya bisa dirasakan lang-sung penerima bantuan.

Selain berbagi kepada anak disabilitas, Kartina beserta rombongan langsung menuju Desa Ceruk, Kecamatan Bunguran Timur Laut, untuk mengunjungi dan menyantuni beberapa warga yang sudah lanjut usia (lansia). Salah satunya adalah Nur Cah-yati, 80, seorang nenek renta yang hidup sebatang kara, yang sudah kehilangan kasih sayang dari keluarganya.

Tak hanya di Desa Ceruk, Dinsos PPPA juga melakukan lawatan ke RSUD Natuna, untuk menjenguk dan menyantuni Haryono, lelaki paruh baya yang jatuh sakit tanpa didampingan keluarga. Sama seperti Nur Cahyati, Haryono juga hanya mampu hidup dari belas kasihan warga. Tubuhnya yang renta dan sering sakit-sakitan, membuat ia tak mampu bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. (arn)