Sekretaris Dinas PP, PA, PP dan KB Kepri memberikan pembekalan kepada angota Puspa Berazam, kemarin. F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun membentuk Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak Puspa Berazam. Forum ini dibentuk untuk meningkatkan program perlindungan terhadap perempuan, anak, dan masyarakat sekitarnya.

’’Nah, forum ini beranggotakan organisasi yang terbentuk di tengah-tengah masyarakat dan dapat disinkronkan dengan pusat, provinsi, dan kabupaten/kota dalam perlindungan perempuan dan anak,’’ jelas Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Disdalduk, KB PP dan PA) Karimun Khairita, Kamis (26/7).

Menurutnya, tugas Puspa Berazam nantinya, mencari isu-isu dari kasus yang timbul di tengah masyarakat terutama bagi kaum perempuan atau anak-anak. Kemudian dilakukan kajian yang hasilnya menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan perempuan maupun anak.

”Di sini (Karimun) Puspa Berazam banyak berperan, kenapa terjadi kasus apa penyebab dan bagaimana solusinya. Sementara pemerintah daerah sendiri sebagai pembina dan pengarah Puspa Berazam,’’ ungkapnya.

Sedangkan pembiayaannya bisa dilakukan melalui APBN, APBD, sukarela, sumber dana lainnya yang tidak mengikat. Semuanya dikelola langsung oleh Puspa Berazam itu sendiri. ’’Intinya keberadaan Puspa Berazam ini untuk pencegahan permasalahan dengan cepat, efektif dan efisien yang bersinergi dengan pemerintah daerah,’’ ujarnya.(tri)