Sabtu, 20 April 2024

Waspada Gelombang Tinggi Saat Gerhana Bulan Besok Malam

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mengimbau agar warga yang beraktivitas di laut lebih waspada dengan kemungkinan terjadinya gelombang tinggi berkenaan gerhana bulan, Sabtu (28/7) malam.

Fenomena alam ini merupakan sesuatu yang lumrah. Sebab, saat terjadi gerhana bulan memang akan diikuti gelombang tinggi dan air laut menjadi pasang. Terlebih, gerhana bulan akhir pekan ini sesuai perhitungan astronomi akan berlangsung sekitar 103 menit.
Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Bhakti menjelaskan, gelombang tinggi yang diprediksi akan terjadi di perairan Bintan. Namun tidak akan setinggi di selatan Pulau Jawa.

”Kalau di sini diperkirakan (ketinggian gelombang) berkisar antara 0,5-1,5 meter,” ujar Bhakti, Kamis (26/7).

Kendati begitu, waspada jauh lebih baik, terutama nelayan. Apalagi cuaca akhir-akhir ini di perairan Kepri terbilang berangin kencang. ”Maka waspada juga dengan arus kuat. Karena angin selatan berembus cukup kencang. Beberapa hari terakhir (kecepatannya) sampai 30 kilometer per jam,” bebernya.

Sementara itu, berkenaan dengan puncak gerhana bulan total yang akan terjadi selama 103 menit tersebut, dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. BMKG juga akan melaksanakan pengamatan di berbagai titik di Indonesia dan menyiarkannya secara langsung. (aya)

 

Update