Selasa, 23 April 2024

Galangan Kapal Batam Tuntaskan Pembuatan 2 Kapal Patkamla

Berita Terkait

Pangko Armada I, Laksamana Muda TNI Yudo Margono menerima cinderamata dari CEO nfinity Global Mandiri, Ivan Hartono.

batampos.co.id – Lagi, galangan kapal di Bata berhasil ukir sejarah.

Perusahaan galangan kapal, PT Infinity Global Mandiri Batam, menyerahkan dua unit kapal patroli keamanan laut (Patkamla) pesanan TNI AL tahun 2017 lalu.

Kedua kapal buatan lokal tersebut diberi nama KAL P Bungaran dan KAL P Labengki.

Kedua kapal ini sudah melalui uji coba berlayar (sea tired) dan diserahkan secara resmi dari manajemen PT Infinity Global Mandiri kepada Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kemhan Laksda TNI Agus Setiadji, S.A.P, Jumat (27/7) siang di PT Kumala Shypiard, Batuaji.

Selanjutnya dua kapal patroli tersebut diserahkan dari Kabaranahan Kemhan ke Asisten Logistik (Aslog) Kasal, Laksda TNI Mulyadi, .Pi., M.A.P, kemudian diteruskan dari Aslog Kasal ke Danlantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno SE, MM.

Mulyadi mengatakan, kedua kapal patroli tersebut merupakan tipe kapal patroli yang pengoperasiannya lebih cenderung ke tingkal Lanal. Kapal dengan panjang 28 meter itu bertugas untuk mendukung kinerja kerja dari kapal patroli keamanan laut lainnya.

“Dua kapal ini akan ditempatkan di wilayah kerja Lanal Ranai dan Lanal Kendari,” ujar Mulyadi usai penyerahan.

Pengadaan dua kapal Patkamla tersebut kata Mulyadi merupakan upaya TNI AL untuk melengkapi armada kapal patroli di seluruh wilayah perairan Indonesia. Secara umum jumlah kapal patroli pendukung serupa diakui Mulyadi memang masih kurang.

“Lantamal kita ada 14, tiap Lantamal paling nggak ada tiga unit kapal ukuran 40 meter. Sekarang baru tercapai separuh, artinya galangan dalam negeri masih ada peluang untuk membangun kapal,” kata Mulyadi.

Terkait dua kapal yang baru dibangun PT Infinity itu, diakui Mulyadi merupakan tipe kapal patroli kecil yang lincah dan tangguh. Kapal dengan kecepatan mencapai 28 knot itu dipastikan mampu mendukung kinerja kerja kapal-kapal patroli besar lainnya.

“Keunggulan kapal ini, dibangun dengan bentuk yang lebih slim hasil modifikasi dari desain kapal-kapal patroli sebelumnya,” jelasnya.

Rampungnya pembangunan dua unit kapal Patkamla diapresiasi oleh Mulyadi. Dia mengaku bangga karena PT Infinity mampu menyelesaikan kapal-kapal tersebut sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan dan tepat waktu.

“Itu kami apresiasi dan harapan kami agar kedepannya tetap berkomitmen seperti ini. Mutu dan waktu (pengerjaan) tidak boleh diabaikan agar kita semakin dipercaya kedepannya,” harap Mulyadi.

Menanggapi itu, CEO PT Infinity Global Mandiri, Ivan Hartono mengatakan sudah menjadi komitmen PT Infinity untuk selalu profesional dalam menjalankan amanah dan keprcayaan yang diberikan pemerintah tersebut.

“Terima kasih kepada pak Menhan atas kepercayaan yang diberikan, dan sesuai komitmen kami rampungkan dua kapal patroli ini lebih cepat dari jadwal sebelumnya,” ungkap Ivan Hartono.

Lanjut Ivan mengatakan seremoni serah terima dan commissioning kapal ini adalah salah satu wujud nyata mempertahankan nawacita poros maritim dengan percepatan pertambahan dan perkuatan postur armada untuk kedaulatan maritim.

Juga wujud daripada sinergi dengan perekonomian industri maritim galangan kapal, walau hanya sebagai salah satu bagian kecil perekonomian industri maritim dalam tatanan nawacita poros maritim.

“Dua kapal ini dibuat oleh 100 persen tangan-tangan anak bangsa,” jelasnya.

Ditambahkan oleh Manager Proyek Infinity Naval Dreamworks untuk PT Infinity Global Mandiri, Ir S Dangkeng, bahwa dua kapal tersebut diselesaikan dalam waktu 8 bulan dengan melibatkan 25 orang tenaga kerja dan 8 engineering setiap harinya.

“Kita sukses menyelesaikan dalam waktu 8 bulan, lebih cepat dari waktu awal,” terangnya. (une)

Update