Sabtu, 20 April 2024

Kuliner Anambas Laku di Batam

Berita Terkait

Eny, dibantu kerabatnya membuat kerupuk atom di rumahnya, Jumat (27/7). F. Syahid/batampos.co.id

batampos.co.id – Kabupaten Kepulauan Anambas selain memiliki wisata alam yang indah, Anambas juga memiliki wisata kuliner yang baik dan beraneka ragam. Di setiap kecamatan memiliki makanan khas.

Untuk di Letung, Kecamatan Jemaja, sangat terkenal dengan kerupuk atom. Kerupuk ikan yang berbentuk bulat maupun lonjong tersebut memiliki cita rasa yang khas. Rasanya renyah dan gurih. Saking terkenalnya, warga Tarempa menyebut kerupuk atom dari Letung ”Kerupuk Letung”.

Eny, salah satu pengusaha kerupuk atom di Letung, Kecamatan Jemaja menjelaskan, kerupuk buatannya sudah banyak yang memesan. Selain tetangga sekitar, kerupuk tersebut juga sudah dipasarkan hingga Kota Batam.

”Alhamdulillah, banyak juga yang memesan dari Batam yang dikirim melalui feri,” ungkapnya kepada Batam Pos ketika ditemui di rumahnya di Letung, kemarin. Usaha kerupuk atom miliknya sudah berjalan selama lima tahun. ”Sebelumnya saya ikut buat kerupuk atom sudah delapan tahun, tapi kalau buka usaha sendiri baru sekitar lima tahun,” jelasnya.

Gubernur Kepri Nuridin Basirun, mengakui keanekaragaman makanan olahan di Letung. ”Banyak makanan tradisional, makanan asli Anambas lebih enak. Tidak usah mewah yang pen-ting sehat biar turis yang makan di Letung senang,” ucapnya dengan logat Melayu. (sya)

Update