Anggota Lanal Dabo memasang baliho di Lapangan Merdeka Dabo Singkep, Minggu (29/7) pagi. F. Wijaya Satria/batampos.co.id

batampos.co.id – Sepuluh kapal perang di bawah Komando Koarmada I akan merapat di perairan Dabo Singkep. Dari sepuluh kapal perang tersebut, akan keluar sedikitnya sepuluh alutsista amfibi di Pantai Todak.

Selain itu, ribuan TNI AL akan mengikuti latihan Gelaspur tingkat III terpadu. Dalam latihan di bawah Komando Koarmada I juga akan dilakukan sejumlah kegiatan di Dabo Singkep. Antara lain; pagelaran panggung prajurit dan kirab kota dengan sejumlah alutsista yang turut diikutsertakan.

Setelah pendaratan amfibi, seluruh prajurit akan melakukan kegiatan sosial terlebih dahulu. “Kegiatan dilakukandi Desa Tanjungharapan,” kata Pasintel Lanal Dabo Kapten Laut (KH) Eko Miryanto saat memasang baliho kegiatan tersebut di Lapangan Merdeka Dabo Singkep, Minggu (29/7) pagi.

Lebih lanjut Eko menjelaskan, dalam kirab kota, sejumlah alutsista yang ikut mengelilingi Dabo dibuka untuk masyarakat yang ingin merasakan naik kendaraan perang milik negara. Tentunya, akan dilakukan secara bergantian dan bergiliran.

Kesempatan yang sama, puluhan prajurit akan melakukan pendaratan menggunakan parasut tepat di lapangan Merdeka Dabo Singkep. Jumlah penerjun ini belum termasuk dalam aksi terjun tempur di kawasan pantai todak.

Latihan Gelaspur tingkat III terpadu ini dilaksanakan Kamis (2/8) mendatang. Kegiatan ini akan dihadiri Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono.
“Kami harapkan dukungan masyarakat mensukseskan kegiatan ini. Sehingga wilayah Kabupaten Lingga dapat menjadi lokasi yang terbaik bagi latihan ini,” ujar Eko. (wsa)