Sima, salah satu ibu rumah tangga ketika melakukan imunisasi balita di Puskesmas Tanjungbalai Karimun, beberapa waktu lalu. F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karimun akan melakukan kampanye imunisasi Measles- Rubela (MR) kepada 65.090 balita dan anak usia 15 tahun pada awal bulan depan.

Selain untuk memutuskan mata rantai penularan virus campak dan rubella, imunisasi tersebut diharapkan mampu mengeliminasi campak dan pengendalian rubella/CRS (Conginental Rubella Syndroma) di tahun 2020 nanti.

’’Nah, sasaran kampanye Imunisasi MR mulai dari bayi umur sembilan bulan sampai anak yang usianya 15 tahun. Semuanya wajib kita imuniasi MR, tanpa melihat status imuniasi sebelumnya,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi, kemarin (29/7).

Dengan target 65.090 orang tersebut, pihaknya sudah mempersiapkan 694 pos atau tempat imuniasi. Yakni 83 di tempat Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), 70 di Taman Kanak-Kanak (TK), 152 di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Sebanyak 60 pos di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTS), 229 di Posyandu serta 100 pos lainnya di Puskesmas, Pustu, Polindes, Poskesdes, hingga Rumah Sakit (RS)

Rachmadi menyampaikan, imuniasai tersebut akan dilakukan dari awal Bulan Agustus hingga September 2018 nanti.’’ Untuk bulan Agustus imunisasi MR sasarannya anak-anak sekolah yang usianya hingga 15 tahun. Kemudian, untuk bulan September nanti baru diperuntukan bagi ibu-ibu yang mempunyai bayi maupun balita,’’ jelasnya.

Khusus bagi orangtua yang memiliki balita dan bayi, bisa bisa mendatangi pelayanan kesehatan di sekitar rumah. Seperti Puskesmas, Pustu, Polindes, Poskesdes maupun Rumah Sakit.

”Kita berharap semua sasaran imunisasi akan terimunisasi. Tim medis kita siap melaksanakan kampanye imunisasi MR. Jangan khawatir, tidak ada efek samping dan gratis,’’ pesannya. (tri)