Rabu, 24 April 2024

JCH Harus Selalu Jaga Kebersamaan

Berita Terkait

batampos.co.id – Bupati Karimun, Aunur Rafiq melepas 54 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Karimun di Masjid Besar Baitul Tanjungbalai Karimun, Sabtu (28/7). Dalam acara tersebut bupati meminta para jamaah selalu menjaga kekompakan selama berada di Tanah Suci.

“Budaya tolong menolong jika ada yang kesusahan, jangan dibiarkan. Harus saling membantu sehingga dapat mengurangi kesulitan yang dihadapi,’’ ujar bupati, kemarin.

Karena menurut pengalamannya, ibadah haji berbeda dengan umrah. “Yang melaksanakan ibadah haji jauh lebih banyak daripada umrah. Untuk itu, ketika beribadah ke masjid jangan pergi sendiri-sendiri, tapi bersama-sama,” ungkapnya.

Ia juga meminta para jemaah menetapkan niat untuk ingin melaksanakan ibadah haji dengan benar. “Sehingga mendapatkan haji yang mabrur,” ungkapnya lagi.

Menurutnya, waktu keberangkatan dari Tanjungbalai Karimun ke embarkasi Batam, Senin (6/8) mendatang. “Untuk itu siapkan fisik dan jaga kesehatan. Sebab, kondisi alam dan cuaca di tanah suci Mekkah tidak sama seperti iklim di Indonesia. Misalnya saja, cuaca akan terasa lebih panas. Sehingga, perbanyak mengkonsumsi air putih selama melaksanakan ibadah,’’ jelasnya.

Ia juga meminta para JCH tidak lupa mendoakan Kabupaten Karimun agar selalu dalam situasi dan keadaan yang aman, kondusif serta dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan. (san)

Update