Petugas PPIH Embarkasi Batam sedang memberikan pelayanan kepada para Jemaah Calon Haji asal kalimantan saat tiba di Asrama Haji Batam, Senin ((30/7). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Embarkasi Batam telah memberangkatkan 4.478 Jemaah Calon Haji. Mereka terbagi dalam 11 kelompok terbang (kloter) dan telah tiba di Tanah Suci. Sementara hingga kini, jumlah jemaah yang sudah masuk ke Embarkasi Batam berjumlah 4.928 orang atau 12 kloter.

“Rinciannya, 11 kloter termasuk gelombang pertama mendarat di Madinah. Sementara satu kloter sisanya merupakan kloter awal gelombang kedua mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah,” kata Kordinator Bidang Pemberangkatan PPIH Embarkasi Batam, H. Sarbani, Selasa (31/7).

Pada hari ini, Embarkasi Batam memberangkatkan 450 JCH kloter 12. Para jemaah diterbangkan dari Bandara Hang Nadim Batam sekitar pukul 09.20. Keberangkatan JCH Kloter 12 sedikit terlambat karena pesawat dari Jeddah terlambat akibat slot time dan padatnya lalulintas udara.

“Semula rencana sesuai jadwal pukul 08.20 WIB di revisi menjadi pukul 09.20 WIB,” sebut Sarbani.

Pelepasan JCH kloter 12 ini dilepas oleh Staf Ahli Gubernur Kalimantan Barat Bidang Sosial dan Sumber Daya Manusia, Syawal Bondoreso. Ia berpesan pada jemaah agar selalu menjaga kesehatan, konsumsi makanan sehat serta mernjaga kekompakan sesama regu dan rombongan kloter.

“Pemerintah Kalimantan bersama seluruh masyarakat mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji,” kata Syawal.

Ucapan terima kasi kepada PPIH Daerah, PPIH Embarkasi Batam yang telah membantu dan melayani tamu-tamu Allah. “Kepada Petugas Kloter, Ketua Rombongan (Karom) dan Ketua Regu (Karu) layanilah jamaah dengan penuh ikhlas dan rasa tanggung jawab,” sebut Syawal saat pelepasan.

Pada Kloter 12 ini terdapat dua JCH yang ditunda berangkat ke tanah suci yakni Purwatiningsih Suwarto Yadi Manifest 347 asal Kabupaten Kapuas Hulu karena sakit di Embarkasi. Sementara Sri Hazlinda Zainul Abidin Manifest 346 asal Kapuas Hulu pendamping Purwatiningsih. (rng)