batampos.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Natuna menetapkan jadwal pelaksanaan imunasi massal dalam kampanye mencegah penyakit campak dan rubella secara bertahap.

Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Pemkab Natuna Hikmat Aliansyah mengatakan, imunisasi massal ditargetkan diberikan kepada 23 ribu lebih anak-anak di Natuna.

Imunisasi tahap pertama dilaksanakan pada 1 Agustus men­datang di sekolah-sekolah. Ka­rena imunisasi sasarannya dari usia balita 9 bulan hingga anak usia 15 tahun. Tahap keduanya, 1 September dengan sasaran posyandu dan lainya.

”Masyarakat perlu ingat, imunisasi ini pen-ting. Khusus untuk sekolah-sekolah, mulai dilaksanakan tanggal 1 Agustus,” katanya, Senin (30/7).

Dikatakan Hikmat, saat ini Dinkes sudah mendata melalui masing-masing puskesmas dan pos kesehatan lainnya di desa maupun di kelurahan. Hasilnya sekitar 23 ribu lebih balita hingga anak usia 15 tahun akan diimunisasi.

Negara, sambungnya, telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi campak dan pengendalian rubella/congenital rubella syndrome (CRS) pada tahun 2020.
Berdasarkan hasil survei dan cangkupan imu­nisasi, maka imunisasi rutin campak saja tidak cukup untuk mencapai target eliminasi campak. (arn)