Jumat, 29 Maret 2024

Siapkan Konsep Posyandu Terpadu, Dapat Rp 330 Juta

Berita Terkait

Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Deby Maryanti saat mengunjungi Posyandu Mawar di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Selasa (31/7). F. Kominfo untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Ketua Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bintan Deby Maryanti menginginkan posyandu memiliki peran signifikan dalam sistem penyelenggaraan pela-yanan kebutuhan dasar sebagai usaha meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak.

”Saya menginginkan pos-yandu menjadi basis layanan kesehatan garis terdepan,” ujar Deby saat mengunjungi Pos-yandu Mawar di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara pada Selasa (31/7) pagi.

Dikatakannya, saat ini TP PKK Kabupaten Bintan sedang menyiapkan konsep posyandu terpadu. Artinya, posyandu sebagai basis layanan terdepan. Sehingga, masyarakat yang datang tidak hanya mendapatkan pelayanan kesehatan biasa di posyandu. Antara lain, penimbangan bayi, pemberian makanan tambahan, penyuluhan kesehatan, dan imunisasi.

Namun, masyarakat yang datang ke posyandu juga memperoleh pelayanan pendidikan ibu dan anak. Posyandu terpadu ini sebenarnya sejalan dengan wacana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan untuk meregenerasi wajah posyandu yang tersebar di Kabupaten Bintan.

Deby mengatakan, pada 2019 nanti Pemkab Bintan akan memberikan bantuan dana operasional sekitar Rp 330 juta untuk 165 posyandu di Kabupaten Bintan.
Selain itu, Pemkab Bintan juga telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 3,5 miliar untuk peningkatan insentif bagi 1.485 petugas posyandu di Kabupaten Bintan yang dialokasikan mulai 2019.(met)

Update