Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti saat pencanangan Kampung KB di Desa Pengadah, Selasa (31/7) lalu. F. Aulia Rahman/batampos.co.id

batampos.co.id – Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti meresmikan Desa Pengadah sebagai Kampung KB, Selasa (31/7) kemarin. Dikatakan Ngesti, pencanangan Kampung KB dan Pelayanan KB Gratis merupakan program yang sangat strategis di Desa Pengadah.

Iklan

Program ini bertujuan untuk pengendalian penduduk, mendukung terwujudnya peningkatan kualitas kesehatan, dan upaya percepatan pembangunan daerah.
Menurutnya, penetapan Desa Pengadah sebagai lokasi pemusatan kegiatan pencanangan kampung KB, merupakan hasil kerja sama analisa kondisi sosial yang dilakukan secara bertahap, serta evaluasi penetapan program kerja yang dilakukan secara bersinergi oleh berbagai instansi terkait.

Ke depannya, Desa Pengada akan menjadi ikon program kependudukan dan pembangunan keluarga. Kehadiran Kampung KB bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

”Prinsipnya, mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan melaksanakan delapan fungsi keluarga. Penerapan fungsi keluarga ini membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan,” jelasnya.

Selain meresmikan Kampung KB, pemerintah juga memberikan penghargaan kepada pemuda atas kepedulian pencanangan Kampung KB di Desa Pengadah.
”Kampung KB merupakan wujud dari pelaksanaan agenda prioritas pembangunan Nawacita Presiden Jokowi, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan Desa dalam kerangka negara kesatuan,” sambungnya.

Ngesti berharap dukungan dari seluruh masyarakat, pemerintah desa, kecamatan dan instansi pemerintahan lainnya untuk turut terlibat dalam pelaksanaan program kampung KB.

”OPD terkait dapat memberikan perhatian melalui pelaksanaan program kerja diseluruh Desa sasaran program kampung KB yang telah disepakati. Karena melalui kebersamaan, hasil program kerja akan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat secara lebih merata,” tutupnya.(arn)