SALAH seorang pedagang bendera dan pernak-pernik kemerdekaan memajang barang dagangannya di Jalan Nusantara, Karimun, Rabu (1/8). F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Pedagang bendera dan pernak-pernik kemerdekaan musiman mulai ramai dijumpai di pinggir jalan raya Tanjungbalai Karimun, Rabu (1/8). Mereka menjual berbagai ukuran bendera serta aksesoris untuk memeriahkan hari Kemerdekaan ke-73 RI.

Iklan

“Baru buka nih bang, biasanya sih tiap tahun banyak yang membeli bendera merah putih. Bendera pajangan kendaraan roda dua maupun empat hanya Rp 5.000 per lembar,’’ kata salah seorang pedagang, Mansur, kemarin.

Sementara bendera ukuran 150 centimeter dibandrol Rp 100 ribu dan Rp 75 ribu untuk bendera berukuran 120 sentimeter. Selain bendera merah putih, tiang bendera dari bambu yang dibungkus dengan plastik berbagai warna yang dihargai Rp 20 ribu sampai Rp 35 ribu per batangnya. “Kalau beli satu set bendera merah putih dengan tiangnya cukup murah, hanya Rp 125 ribu,’’ ungkapnya.

Sedangkan umbul-umbul ia jual Rp 35 ribu dan bendera dengan ukuran 8 meter yang diberi gambar burung garuda hanya Rp 450 ribu. “Mudah-mudahan tahun ini banyak lakulah. Antusias masyarakat untuk membeli bendera merah putih, cukup bagus yang biasanya membeli bendera merah putih ukuran standar tidak besar tidak kecil,’’ ucapnya.

Pantauan di lapangan, di sepanjang Jalan Nusantara pertokoan sudah mulai memasang bendera merah putih. Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Sekretaris Kemensesneg RI tanggal 11 Juli 2018 Nomor B848/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2018 tentang Tema dan logo Hut ke-73 RI. Dimana masyarakat harus ikut berpartisipasi menyemarakkan bulan kemerdekaan dengan mengibarkan bendera merah putih serentak di seluruh wilayah Indonesia.

“Untuk mengenang jasa-jasa pahlawan kita dalam memperjuangkan kemerdekaan negara Republik Indonesia. Wajar saja, kita pasang bendera merah putih selama bulan Agustus ini,’’ kata Basir salah seorang pedagang di Jalan Nusantara.(tri)