ilustrasi

batampos.co.id– Dalam semester I tahun 2018, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) adalah penyakit yang paling banyak diderita warga dan berobat ke Puskesmas. Tercatat ada 29.531 penderita ISPA periode Januari-Juni di Batam.

“Dari data kita, penderita ISPA ini lebih banyak di bulan Juni. Jumlahnya mencapai 8.000 an,” kata kepala dinas kesehatan Didi Kusmarjadi, Rabu (1/8).

Ia mengatakan ISPA ini ada beberapa penyebabnya mulai dari daya tahan tubuh yang melemah. “Kalau ISPA ini memang sepanjang tahun memang selalu tinggi,” katanya.

Sementara penyakit dengan penderita terbanyak kedua adalah Naso Faringitis Akut atau radang tenggorokan. Selama enam bulan jumlahnya mencapai 18. 745 penderita.

Diurutan ketiga ada penyakit Essential HT atau hipertensi dengan jumlah penderita sebanyak 9.439 orang. Di mana untuk usia ini kebanyakan adalah untuk usia dewasa.

Sementara di urutan keempat adalah penyaki Dyspepsia atau penyakit maag. Penderita penyakit ini dalam semester pertama mencapai 9.46 penderita. Penyakit ini terjadi karena beberapa hal.

” Pola makan yang tidak bagus juga bisa menyebabkan penyakit ini. Memang setiap tahun, penyakit ini selalu tinggi juga,” katanya.

Ia mengatakan berbagai jenis penyakit ini rata-rata penanganannya bisa selesai di Puskesmas. Apalagi saat ini pelayanan di Puskesmas sudah semakin bagus.

“Obat- obatan untuk penyakit penyakit ini juga sudah lengkap di puskesmas. Jadi untuk sementara kita tidak mendapat keluhan mengenai penanganan jenis penyakit ini,” katanya.(ian)