Rican saat diperiksa terkait kasus pencurian di Mapolres Bintan, Rabu (1/8). F. Reskrim Polres Bintan untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Rican Muliadi Damanik, 18, nekat mencuri uang jutaan rupiah yang disimpan dalam celengan milik keluarganya, Mariani Simaremare, 29, Minggu (29/7) lalu di Kampung Sungai Tiram, Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan. Uang tersebut ia gunakan untuk berfoya-foya serta berjudi. Akibat perbuatannya, ia diamankan Senin (30/7) lalu dan dijebloskan ke sel jeruji besi.

Rican mengaku sudah empat kali mencuri di rumah keluarganya. Aksi pertama terjadi 17 Juni 2018. Saat itu ia mencuri uang Rp 2,7 juta. Kedua, ia mencuri uang Rp 2,3 juta yang tersimpan dalam celengan galon air pada 8 Juli 2018. Kali ketiga ia kembali mencuri pada tanggal 15 Juli 2018 dan mengambil uang Rp 3,8 juta. Terakhir, dia kembali mencuri uang Rp 1,2 juta.

Kepada penyidik, Rican mengaku uang tersebut dipakai untuk bersenang-senang, membeli ponsel, makan-minum, rokok, dan juga bermain judi.

Kasat Reskrim Polres Bintan AKP Adi Kuasa Tarigan menyampaikan bahwa pelaku selalu beraksi di saat korban dan suaminya ke gereja.”Uang dicuri dari celengan korban yang diletakkan di atas lemari. Total kerugian sekitar Rp 10 juta,” kata Adi, Rabu (1/8) siang.

Minggu (29/7) siang itu korban bersama suaminya Irwan Damanik, 31, ke gereja untuk beriba-dah. Pelaku masuk ke rumah dengan memanjat dinding. ”Dia berpijak di jerigan,” katanya.

Pelaku lalu masuk ke kamar korban untuk mencuri uang yang disimpan dalam galon air. ”Senin yang lalu korban buat laporan. Hari itu kami langsung menyelidiki dan kecurigaan mengarah ke pelaku. Hari itu langsung diamankan,” jelasnya.

Pelaku disangkakan pasal 363 ayat 1 ke 5 KUHP jo pasal 367 ayat 2 KUHP tentang Pencurian dalam Keluarga. ”Ancaman maksimal 7 tahun penjara,” tukasnya.(met)