Jumat, 29 Maret 2024

Saluran Buangan Kecil, Sebabkan Jalan Banjir

Berita Terkait

Mobil menerobos banjir di Jalan Seilekop, depan PT Palindo, Sagulung, Senin (28/5). Banjir ini setinggi pusar orang dewasa. Banjirnya ini akibat tidak adanya drainase. F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Setiap hari hujan, jalan Batam kerap tergenang air. Bahkan hingga selutut orang dewasa dan terjadi di jalan-jalan vital dan ramai dilalui kendaraan.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengaku melihat langsung kondisi tersebut. Ia mengatakan, seharusnya hal ini tidak terjadi. Menurut mantan polisi ini salah satu penyebannya yakni saluran pembuangan ke parit utama terrlalu kecil dan tersendat.

“Ini penataannya tidak pas, pembuangan yang ke parit itu masalahnya,” kata dia.

Ia meindat dinas terkait dalam hal ini, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM SDA) memperhatikan kondisi ini, sehingga tidak ada lagi jalanan yang terendam air maupun banjir.

“Saya akan panggil Pak Yu (Kepala DBM SDA Yumasnur, red) buangan ke parit itu tak cukup, perlu dibuka lagi,” imbuhnya.

Jalan yang kerap tergenang banjir karena masalah ini seperti jalan Raja Isa Batam Kota tepatnya di antara Graha Kepri dan Gedung Bersama Pemko Batam. Tak hanya itu, saat hujan deras Jalan engkuputri di antar Kantor Wali Kota Batam dengan DPRD Batam.

Sementara itu Kepala DBM SDA Kota Batam Yumasnur mengatakan, Pemko Batam terus berupaya mengatasi banjir di Batam termasuk di ruas jalan. Pada ruas jalan nasional, Pemko Batam terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

“Sekarang ada beberapa proyek kementrian terkait penanganan banjir di Batam yang masuk lelang. Seperti Simpang Kabil, Tiban Ayu dan Pasar melayu, ada juga yang lain tapi saya lupa. Mudah-mudahan Agustus ini mulai dikerjakan,” papar dia. (iza)

Update