Kamis, 18 April 2024

Warga Sukadamai Kumpulkan KTP dan KK

Berita Terkait

batampos.co.id – Warga Rumah Liar (ruli) Sukadamai Kelurahan Tanjungpiayu Seibeduk akhirnya mengumpulkan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga. Data ini diminta oleh Wali Kota Batam Muhammad Rudi meminta data ini untuk diteruskan ke BP Batam sebagai syarat diusahakan kaveling.

“Sudah dikumpulkan semua. Sudah diserahkan ke kami,” kata Sekretaris Camat Seibeduk, Gufran, Kamis (2/8).

Ia mengatakan, sejak awal wali kota telah meminta data tersebut. Tetapi data yang ditunggu tak kunjung segera dikumpulkan. “Data itu diminta sejak beberapa hari yang lalu. Kurang apalagi usaha pak wali. KTP kami minta langsung juga,” kata dia.

Sementara itu Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan, data ini merupakan dokumen untuk meyakinkan BP Batam. Ia menydari bahwa kewenangan lahan tidak di Pemko Batam. Dengan bermodal tambahan data tersebut akan jadi bukti untuk menyakinkan BP Batam, sehingga keinginan masyarakat dapat dipertimbangkan lembaga perpanjangan tangan Pemerintah Pusat selaku pengelola lahan di Batam ini.

“Kalau minta lahan ke Pemko, kami tak punya lahan. Makanya saya minta itu (data) untuk diomongkan dengan pak Lukita (Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo),” tambahnya.

Ia mengaku, usaha tersebut diupayakan menyusul tuntutan warga mendapat ganti lokasi tempat tinggal baru dalam bentuk kaveling di lokasi lain. Kini lahan negara yang ditempati warga akan digunakan untuk melebarkan hilir parit di Seibeduk.

“Meskipun mereka tak dapat PL warga kami sudah lama tinggal di sana cukup lama, kami mau atasi banjir makanya mereka harus dipindahkan,” papar Rudi, sembari mengumpamakan percakapannya dengan BP Batam.

Mantan anggota DPRD Batam ini menegaskan kebutuhan akan pelebaran parit sudah melewati kajian teknis Kementrian PUPR. Karena menyangkut hilir dari parit-parit di Seibeduk, proyek pelebaran hilir parit ini merupakan cara untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi di kecamatan tersebut.

“Perlu diketahui itu untuk masyarakat umum, satu sisi kami tak abai terhadap nasib warga (yang terdampak),” imbuhnya. (iza)

Update