Jumat, 29 Maret 2024

Perusahaan Mulai Rekrut Tenaga Kerja

Berita Terkait

ilustrasi
foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam mencatat setidaknya 13 ribu pencari kerja (pencaker) sudah ditempatkan selama periode Januari hingga Juli ini.

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan sektor yang cukup banyak merekrut karyawan adalah yang bergerak di bidang offshore yang merekrut hingga ribuan karyawan.

Ia menyebutkan berdasarkan informasi yang diterima Disnaker PT Mc. Dermot telah merekrut sedikutnya 700 pekerja dan PT SMOE juga sama.

“Akhir tahun nanti rencanya mereka akan melakukan perekrutan kembali,” kata dia, Jumat (3/8).

Hingga saat ini jumlah pencari kerja yang terdata sebanyak 20 ribu orang, 13 ribu diantaranya sudah ditempatkan. Ia menilai tahun ini banyak perusahaan yang merekrut tenaga kerja bila dibandingkan dengan tahun lalu.

Hal ini terbukti, dari banyaknya pencari kerja yang telah ditempatkan atau mendapatkan panggilan kerja. “Lowongan lebih banyak tahun ini dari pada sebelumnya,” sebut Rudi.

Kebanyakan dari pencaker banyak mengisi posisi di sektor industri elektronik merupakan mereka yang pemula atau baru lulus, sementara untuk perusahaan offshore atau galangan kapal biasanya menggunakan tenaga yang telah berpengalaman atau yang sebelumnya sudah bekerja bersama mereka.

“Untuk industri elektronik memang normal saja. Karena setiap hari mereka selalu buka,” lanjut pria lulusan UNAND ini.

Mengenai pencaker pendatang dari luar, Rudi menyebutkan jumlahnya jauh menurun tahun ini. Tidak seperti biasanya pasca lebaran banjir pencaker dari luar. “Ya tak sebanyak sebelumnya lah. Karena industri kita juga baru mulai kembali bergerak,” imbuhnya. (yui)

Update