batampos.co.id – Guru Garis Depan (GGD) yang bertugas di Kepulauan Anambas mengajak anak-anak di Desa Candi ke Taman Baca Palmatak (TBM Palmatak). Aktivitas tersebut telah digiatkan sejak dua bulan lalu, meski belum terjadwal secara rutin. Ini dikarenakan kegiatan tersebut dilakukan di luar jam sekolah.

Guru garis depan yang bertugas di Anambas, Juniar Sinaga, menjelaskan kegiatan tersebut sebagai upaya membangun motivasi literasi anak-anak di pulau, khususnya literasi dasar yang salah satunya membaca.

“Perkembangan teknologi dan informasi saat ini merupakan hal yang positif, namun juga menjadi sebuah tantangan,” ungkapnya, Minggu (5/8).

Menurutnya, kecanduan gadget alias gawai menjadikan pengguna lebih betah berlama-lama dengan gadget dibandingkan dengan buku. Kenyataan inilah yang dicoba diantisipasi agar anak-anak juga sanggup berlama-lama dengan buku. “Dengan mendekatkan anak-anak dengan buku bukan berarti menjauhkan mereka dari teknologi.”

Untuk pengadaan buku, GGD Anambas memberdayakan teman-teman alumni, pegiat literasi, bahkan masyarakat umum juga dilibatkan untuk mendapatkan buku meski kenyataannya memang sulit. Pengiriman buku-buku tersebut memanfaatkan pengiriman buku gratis per tanggal 17 untuk setiap bulannya melalui kantor pos.(sya)

Advertisement
loading...