Peserta BJRB berkunjung ke Satuan Kapal Cepat Komando Armada I di Tanjunguban, Minggu (5/8). F. Dispen Lantamal IV Tanjungpinang untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang menggelar Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) di Mako Lantamal IV Tanjungpinang. BJRB menjadi salah satu upaya nyata TNI Angkatan Laut (AL) untuk menanamkan jiwa bahari, mengembangkan wawasan cinta Tanah Air, serta menumbuhkan jiwa kejuangan sejak dini kepada peserta.

Danlantamal IV melalui Wadan Lantamal IV Kolonel Imam Teguh Santoso mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut bertujuan untuk berbagi ilmu tentang pembinaan mental kejuangan dan kebaharian. ”Peserta diberikan pengetahuan, keterampilan dan menanamkan semangat juang serta rasa cinta bahari,” kata Imam.

BJRB, kata Imam, sebagai pengantar generasi muda untuk mengenal lebih dekat lingkungan laut. Dengan mengenal lebih dekat, diharapkan tumbuh pemahaman akan arti penting laut bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. ”Nantinya akan tumbuh pula semangat dan jiwa bahari dalam setiap generasi muda Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, kegiatan yang diikuti perwakilan siswa SMP dan SMA se-Tanjungpinang tersebut, juga diisi berbagai kegiatan mulai dari pemberian materi tentang pembinaan mental dan ideologi untuk menumbuhkan rasa nasionalisme serta cinta laut dan olahraga untuk membangun kesehatan jasmani.

Dalam kegiatan tersebut, peserta BJRB juga melakukan kunjungan ke Satuan Kapal Cepat Komando Armada I (Satkat Koarmada I) di Tanjung Uban, Minggu (5/8). Peserta diajak berkeliling Mako Satkat Koarmada I. Selanjutnya, melihat dan menaiki kapal-kapal perang yang berada di Satkat Koarmada I.

Di antaranya, KRI Barakuda-633, KRI Beladau-643, KRI Surik-645, KRI Siwar-646 dan KRI Parang-647. Selanjutnya, 85 orang peserta mengikuti pelayaran menggunakan unsur Satrol Lantamal IV yakni KRI Lepu-861, KAL Anakonda dan KAL Marapas.(odi)