Sabtu, 20 April 2024

KTT Kelapa Dihadiri Presiden

Berita Terkait

Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat meninjau pembangunan di Lingga, Sabtu (4/8). F. Humas Pemprov Kepri untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kelapa Sedunia yang akan digelar 2-5 September di Lingga akan dihadiri Presiden Jokowi. Kegiatan ini diharapkan memberi efek yang baik pada perbaikan ekonomi terutama di sektor pertanian, perkebunan, dan pariwisata Lingga.

“Ini momentum tepat untuk menyuarakan kemajuan Lingga. Seluruh komponen masyarakat harus mendukung penuh acara ini,” ujar Nurdin, Sabtu (4/8).
Nurdin mengingatkan Pem-kab Lingga agar mempersiapkan betul secara teliti dan seksama segala rangkaian persiapan menyangkut kedatangan Presiden.

“Agar acaranya berjalan lancar dan sukses, mulai dari acara penyambutan, rangkaian perjalanan dari Bandara ke tempat acara, peninjauan, hingga kembali lagi Presiden ke Jakarta,” tegas Nurdin.

Untuk memastikan ini semua berjalan sesuai dengan yang diharapkan Nurdin turun langsung ke Dabo didampingi Bupati dan Wakil Bupati Lingga meninjau langsung beberapa lokasi acara. Di antaranya lapangan bola kaki Merdeka Dabo, Wisma Ria, gedung kantor eks PT Timah, Gedung Nasional, hingga Bandara Dabo Singkep.

“Sejauh pemantauan saya beberapa lokasi acara telah siap, tinggal pembenahan dan dipercantik lagi dengan dekorasi dan pengecatan agar terlihat bersih dan rapi,“ Nurdin.

Sementara itu, pada saat berkunjung ke Masjid Al-Jihad, Sabtu (4/8), Nurdin mengatakan pembangunan tidak dapat dilakukan sekaligus, namun butuh perencanaan dengan skala prioritas supaya bisa dirasakan manfaatnya masyarakat Kepri yang tersebar di ribuan pulau.

“Saya datang ke sini membawa serta beberapa kepala OPD, kepada masyarakat sampaikanlah apa yang menjadi kebutuhan yang sangat mendesak atau prioritas yang bisa kami bantu,“ kata Nurdin saat bersilaturahmi dengan masyarakat Dusun Buyu, Pulau Buyu, Kecamatan Rejai, Kabupaten Lingga di masjid tersebut.

Sepanjang Sabtu itu, usai menunaikan safari Subuh Gubernur di Masjid Ar Ridhwan Jalan Engku Puteri Bukit Bestari Tanjungpinang, Nurdin yang didampingi Sekdaprov TS Arif Fadillah silaturahmi ke Lingga. Nurdin terlebih dahulu ke Pulau Buyu. Setelah itu, Nurdin ke Pulau Singkep untuk melihat persiapan kunjungan Presiden Joko Widodo sempena Konferensi Tingkat Tinggi Kelapa se-Dunia.

Di Pulau Buyu, selain menjemput aspirasi, Nurdin memotivasi anak-anak untuk memiliki optimisme yang tinggi. Mereka harus percaya diri serta memiliki tekad yang kuat agar tetap sekolah demi perubahan yang lebih baik. Nurdin yakin anak pulau punya kemampuan tidak kalah dengan anak-anak yang berasal dari kota dan mampu bersaing dan berkompetisi jika diberikan kesempatan.

“Saya ini anak pulau juga, tapi bisa jadi gubernur. Kalau saya bisa, maka anak pulau yang lain juga harus bisa,” kata Nurdin memberi semangat. Di Buyu, Nurdin sempat meninjau lokasi jembatan penyebrangan yang menghubungkan Dusun Buyu Kecil dan Dusun Buyu Besar. Pada peninjauan kali ini Nurdin memberikan beberapa masukan perihal teknis pembangunan jembatan dimaksud.

Peninjauan itu dilakukan setelah Kepala Dusun Buyu, Enen menyampaikan bahwa masyarakat sangat berharap agar pemerintah dapat membangun jembatan penyebera-ngan yang menghubungkan antara Pulau Buyu Besar dan Pulau Buyu Kecil.

“Jembatan ini sangat kami dambakan. Nantinya bisa digunakan oleh anak-anak untuk menyeberang berangkat ke sekolah. Selama ini masih menggunakan perahu pompong yang tentunya berbahaya jika musim ombak lagi tinggi,” kata Enen.

Setelah menyampaikan keinginan masyarakat, Enen mengaku puas dan lega bisa menceritakan langsung ke gubernur. Menurut Enen, walaupun belum tahu kapan akan bisa dibantu tapi paling tidak gubernur sudah melihat kondisi di lapangan. Sehingga ada gambaran untuk merealisasikannya.(bni)

Update