batampos.co.id – Mempertahankan mutu sekolah menjadi salah satu kerja keras yang terus dilakukan oleh Civitas Akademika SMK Negeri 2 Batam. Sekolah yang berdiri sejak 2006 yang berlokasi di Jalan Pemuda Nomor 5 Legenda, Batamcenter ini terus berkarya dan bersinergi demi kemajuan mengikuti perkembangan zaman.

Sekolah Revitalisasi dan Potensi Rujukan menjadi salah satu capaian pada tahun 2018 ini. SMK Negeri 2 Batam bekerjasama dengan lebih kurang 230 dunia usaha dan Dunia Industri (DUDI) dalam penempatan siswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan magang. Tidak hanya di Batam saja melainkan di Jakarta, Pekanbaru dan Malaysia.

Beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta baik di dalam maupun luar negeri juga menjadi target kerjasama untuk terus ditingkatkan. SMK Negeri 2 Batam telah menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga, sekolah dan universitas di Germany, Australia, Belanda dan Taiwan. Pada tahun ini SMKN 2 bekerjasama dengan Imperia College dan Bukit Gambang Resort-Pahang, Malaysia untuk student exchange dan magang 22 siswa Hotel dan Boga.

“Kami juga peraihan prestasi medali perak dan perunggu dalam ajang International Challenge di sana. Insya Allah tahun depan akan ada kerjasama magang siswa di Singapura,” terang Nursya’bani, Kepala SMK Negeri 2 Batam.

Kompetensi lulusan SMK Negeri 2 Batam juga menjadi tolak ukur keberhasilan sekolah ini. Sekolah saat ini sedang dalam proses pendirian LSP-P1, sementara itu sekolah bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan beberapa LSP-P3 untuk mensertifikasi calon lulusan. Seperti pada tahun lalu, melalui Kementerian Pariwisata kami mendapat bantuan sertifikasi gratis melalui LSP-P3 Lancang Kuning, Pekanbaru untuk siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (Tour Guiding), Tata Boga (F & B Product) dan Perhotelan (House keeping).

“Alhamdulillah, tahun ini kami juga dapat tawaran untuk sertifikasi gratis bagi calon lulusan Perhotelan (Housekeeping) dari LSP-P3 Pariwisata House keeper,” tuturnya.

Nursya’bani menambahkan, alumni SMK Negeri 2 Batam saat ini masih dalam proses pendataan melalui Bursa Kerja Khusus (BKK). BKK merupakan wadah informasi bagi alumni yang mencari pekerjaan di DUDI dan merupakan sarana informasi serta silaturahim sesama alumni. Menurut data BKK, alumni SMK Negeri 2 Batam tidak hanya bekerja di DUDI dalam negeri saja, namun ada juga yang bekerja di luar negeri seperti di Jepang, Dubai dan Kapal Pesiar.

Selain bekerja, alumni juga bekerja sambil kuliah di beberapa Perguruan Tinggi di Batam dan di luar daerah seperti Politeknik Negeri Batam, Batam Tourism Politeknik (BTP), Putera Batam, UMRAH, UNRIKA, UNRI, STAN, UI, STP Bandung, STP Bali, ITS, UGM, dan STIEPAR YAPARI-AKTRIPA Bandung.

Dalam perjalanannya, SMK Negeri 2 Batam saat ini sedang dalam proses Pengembangan Teaching Factory untuk Kompetensi Keahlian Tata Boga dengan produk unggulan yaitu aneka roti dan pastry bekerja sama dengan PIH Wisma Batam Kementerian Agama dan 212-Mart untuk pemasaran produk.

Beberapa Unit Produksi (UP) seperti UP Hotel menawarkan sewa akomodasi, penyewaan ruang pertemuan, pengadaan coffee break dan pressing. UP Usaha Perjalanan Wisata menawarkan jasa pemesanan tiket penerbangan domestik dan internasional, pemesanan paket wisata, penyelenggaraan even ulang tahun (Event Organizer) dan Jasa pemandu wisata. Sementara UP Akuntansi jadi sarana menabung bagi siswa dan UP Busana masih dalam proses pengoperasian.

Selain berfokus dengan pengembangan kurikulum, pembinaan siswa, meningkatkan kerjasama, menjalin silaturahim, pembangunan sarana dan prasarana, SMK Negeri 2 Batam juga memperhatikan kehidupan sosial para siswa. Salah satunya dengan melakukan home visitke rumah atau keluarga siswa yang kurang mampu untuk diberikan beasiswa pembayaran uang SPP bulanan.

Bagi siswa yang berprestasi di tingkat Nasional dan Internasional juga mendapat reward keringanan pembayaran SPP bulanan sesuai ketentuan yang berlaku di sekolah. Full day School sudah diterapkan sekolah sejak tahun pelajaran 2017/2018 lalu dengan penerapan kedisiplinan siswa melalui sosialiasi dan operasional poin untuk setiap tindakan siswa.

“Siswa yang terlambat mereka kami bina dengan hal yang positif seperti memungut sampah kemudian kena sanksi membaca buku di perpustakaan sekolah selama jam pembelajaran berlangsung,” tegas Nursya’bani.

Perpusatakan SMK Negeri 2 Batam baru saja meraih Juara III tingkat Provinsi Kepri. Keberhasilan pendidikan tidak hanya dilihat dari peminat tetapi juga dilihat dari kebekerjaaan lulusan dan keterserapan lulusan di DUDI. Bukan hanya itu saja, tahun ini merupakan tahun kedua SMKN 2 Batam bekerjasama dengan Nagoya Hill Hotel dalam Kelas Industri khusus Kompetensi Keahlian Perhotelan. Dimana mendatangkan tenaga pengajar professional dari Nagoya Hill Hotel untuk sharing ilmu pengetahuan yang bermanfaat dalam dunia kerja.

SMKN 2 Batam turut mewakli Provinsi Kepri ketingkat nasional untuk lomba FLS2N bidang seni Teater di Aceh dan Lomba O2Sn bidang lomba Atletik dan Bulu tangkis.

“Semoga SMK Negeri2 Batam tetap konsen dalam menjaga mutu dengan dukungan dari semua pihak termasuk para guru, siswa, orangtua dan pemerintah. Kami akan terus berupaya melakukan yang terbaik.” pungkas Nursya’bani. (rng)