Rasa HUT Kemerdekaan RI terasa hingga di kampung-kampung.
foto: batampos / dalil harahap

batampos.co.id – Suasana hari kemerdekaan ke-73 semakin terasa. Sebagian besar warga Batam mulai berbenah menghias lingkungannya dengan berbagai dekorasi dan pernak-pernik bertema merah-putih.

Seperti yang terlihat di Kecamatan Seibeduk, sejumlah warga mulai mendekor gapura gerbang jalan masuk menjadi lebih cantik. Warga juga bergotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar.

Camat Seibeduk, Science Taufik Riyadi mengatakan Sudah menjadi hal rutin setiap menjelang hari kemerdekaan dengan melakukan sejumlah persiapan dan penataan lingkungan agar terlihat cantik dan bersih.

“Kegiatan ini memang sudah diimbau. Warga diwajibkan untuk memasang bendera dan membersihkan serta mempercantik lingkungan sekitar,” ujar Science, Senin (6/8).

Dia mengatakan hal tersebut menandakan masyarakat semangat dan siap menyambut kemerdekaan.

“Masyarakat bekerja sama untuk membersihkan gorong-gorong, memotong rumput, hingga mengecat ulang gapura,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga tengah menyiapkan sejumlah kegiatan untuk memeriahkan HUT RI nanti dengan berbagai kegiatan dan beragam pesta rakyat.

Di Sagulung dan Batuaji, masyarakat juga tengah bersiap menyambut kemerdekaan. Mereka bergotong royong, membersihkan lingkungan sekitar, dan menambahkan hiasan khas kemerdekaan Indonesia.

“Rutin setiap jelang kemerdekaan, kami bersama-sama membersihkan dan mempercantik lingkungan kami,” ucap Darmawasnya, warga Dapur 12, Sagulung. (une)