Ribuan masyarakat mendengarkan tausiah agama yang disampaikan Ustaz Abdul Somad (UAS), Senin (7/8) di lapangan Sulaiman Abdullah, Anambas. F. Syahud/batampos.co.id

batampos.co.id – Ribuan masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas mendengarkan ceramah Ustaz Abdul Somad (UAS), di lapangan sepak bola Sulaiman Abdullah Tarempa, Senin (6/8) malam.

Iklan

Ketika ceramah berlangsung, warga yang hadir tampak hikmat mendengar ceramah. Warga yang berada di bagian depan panggung terlihat rapi duduk mendengar ceramah. Demikian juga dengan warga yang berada jauh dari panggung.

Kesempatan itu, UAS mengajak seluruh masyarakat Anambas mendirikan salat dengan baik, karena salat merupakan tiang agama. Meski kata-kata tersebut sering muncul namun dengan cara penyampaian yang baik, seluruh masyarakat yang hadir tampak serius dan semangat mendengarkan tausiah tersebut.

Berbicara salat merupakan hubungan antarmanusia dengan Allah. Sehingga semua orang baik yang berpangkat, pegawai maupun masyarakat biasa tetap harus salat.
Dikatakan UAS, orang yang dekat dengan Allah itu bukan orang yang berada di Makkah, atau Madinah. Orang yang paling dekat, yakni orang yang sedang bersujud pada saat salat. ”Oleh karena itu, siapapun orangnya, apapun seragamnya harus menunaikan salat,” tuturnya.

UAS mengaku tersanjung dan kagum akan penyambutan yang diberikan. Menurutnya, seluruh lapisan masyarakat menyambutnya dengan luar biasa. ”Saya kira sambutan di Anambas menjadi yang terpanjang. Dari pelabuhan sampai rumah bupati, dari yang tua sampai anak sekolah semuanya menyambut kedatangan kami,” ungkapnya.

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, mengucapkan puji syukur kepada Allah karena masyarakat berkenan hadir menyaksikan tausiah ini. Menurutnya, meskipun Pemkab sering melaksanakan kegiatan, namun belum pernah seramai acara tersebut.

”Sebelumnya tidak pernah warga berkumpul seperti ini. Warga dari seluruh kecamatan hadir berkumpul di sini. Ada yang datang dari Kiabu, Jemaja, Palmatak, dan kecamatan lainnya,” ungkapnya sebelum ceramah dimulai. (sya)