batampos.co.id – Gempa berkekuatan 5,2 skala Richter (SR) mengguncang sebagian wilayah Jawa Timur, Rabu (8/8) siang ini. Guncangan terasa di Malang, Trenggalek, Jember, dan sebagian wilayah lainnya.

Iklan

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Karangkates, Kabupaten Malang, lokasi gempa berada di 8.80 lintang selatan dan 112.46 bujur timur. Pusat gempa berada pada kedalaman 13 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Musripan menjelaskan, gempa ini berpusat di lepas laut Kabupaten Malang, dengan jarak 68 kilometer barat daya Kabupaten Malang. “Gempa tidak berpotensi tsunami,” katanya.

Meski tidak berpotensi tsunami, namun Musripan meminta agar masyarakat untuk waspada, namun tetap tenang dan tidak panik. Sejauh ini, soal penyebab gempa pihaknya belum dapat memerinci.

Sementara itu, sebagian warga Malang merasakan getaran cukup keras saat terjadi gempa. Salah satunya adalah Lia, 38. “Agak keras, apalagi tadi sedang tidak beraktivitas, jadi sangat terasa,” katanya.

Sementara itu, Tagana Kabupaten Malang masih melakukan assessment soal dampak gempa yang mengguncang malang. “Masih kami data di tingkat kecamatan,” kata Humas Tagana Kabupaten Malang, Ali Usman. (tik/ce1/JPC)