Eko Purwandoko. F. Tri Haryono/batampos.co.id

batampos.co.id – Hari ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun akan menyerahkan berkas hasil perbaikan bakal calon legislatif (Bacaleg) kepada Liaison Officer (LO) atau penghubungi partai.

Dari 367 bacaleg, pihaknya hanya mencoret satu orang yang tidak melakukan perbaikan hingga batas waktu yang ditentukan. Sementara dua lainnya mengundurkan diri.

“Kalau sudah dicoret tidak bisa diganti. Dengan demikian, totalnya tinggal 364 bacaleg yang akan ditetapkan dalam DCT,” kata Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko, Senin (7/8).

Dimana tahapan penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCT) dan langsung pengumuman DCT dilakukan pada 12 dan 14 Agustus mendatang. Terkait bacaleg ganda, hingga proses verifikasi terakhir tidak ditemukan bacaleg yang ganda. “Kalau yang loncat pagar dari parpol lama ke parpol baru banyak,” katanya.

Diketahui, dari 16 parpol peserta pemilu, hanya 14 parpol yang mengajukan bacalegnya pada pemilu legislatif tahun 2019 nanti. Partai PSI dan PKPI tidak mendaftarkan bacaleg hingga waktu yang sudah ditetapkan. Parpol yang sudah mendaftarkan bacalegnya yaitu Nasdem, PAN, PKS, Golkar, Gerindra, Hanura, Demoktrat, PKB, Perindo, PDIP, PPP, Berkarya, PBB, dan Garuda. (tri)