Jumat, 29 Maret 2024

Pusat Bangun Lokasi Tempat Pembuangan Akhir Baru untuk Warga Batam

Berita Terkait

TPA punggur.
F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam tahun ini akan menempati lokasi baru tempat pembuangan akhir (TPA) sampah untuk menggantikan lokasi yang lama karena sudah tak memadai.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam, Herman Rozi menyebutkan lokasi TPA yang baru ini tidak jauh dari yang lama. Pembanguan TPA baru seluas kurang lebih delapan hektar ini dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan anggaran sebesar Rp 25 miliar.

“Kita punya lahan kan ada 46,7 hektar. Untuk yang baru ini lokasinya sebelah kanan sekitar 6-8 hektar lahan yang dihabiskan untuk pembangunan tempat pembuangan baru ini serta bak lindinya,” jelasnya.

Pembangunan yang dimulai April lalu ini saat ini sudah berjalan 50 persen pusat menargetkan tahun ini selesai, sehingga tahun depan sudah bisa digunakan untuk tempat pembuangan yang baru.

“Yang lama kita tutup dan tak digunakan lagi,” sebutnya.

Ia menyebutkan pasca musibah longsor beberapa waktu lalu, kondisi bak lindi memang sudah banyak yang rusak. Untuk itu, pusat membangun lima sekaligus bak lindi ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Persampahan, DLH Batam, Faisal mengatakan pembangunan tetap di TPA Punggur, hanya saja untuk yang baru ini digeser ke kanan. “Pengerjaan sudah mulai jalan sekitar empat bulan,”imbuhnya.

Ia merinci dana sebesar Rp 25 miliar tersebut digunakan untuk pembangunan lima kolam penampungan atau pengolahan limbah dari sampah yang terdiri dari kolam pengampungan, fakultatif, maturasi dan kolam hayati atau wetland.

“Pembangunan yang baru ini akan menggantikan yang lama karena kondisinya sudah tidak memadai lagi,”tutupnya. (yui)

Update