Feature phone Xiaomi Qin. (Xiaomi)

batampos.co.id – Xiaomi segera merilis sebuah ponsel sederhana yang menawan. Harganya pun murah.

Bukan sebuah smartphone atau ponsel pintar.

Brand yang juga menjual centong nasi di toko resminya itu akan melepas sebuah feature phone (ponsel dasar) yang merupakan cikal bakal lahirnya smartphone.

Melansir laman DigitalTrends, Selasa (7/8), ponsel ini tercipta dari proyekpatungan (crowdfunding).

Xiaomi terlibat dalam proses desain dan penjualannya. Adapun ponsel ini bernama Qin (Shin) dan akan datang dengan akses ke Artificial Intelligence (AI) antena 4G serta port USB-C. Semua bisa didapatkan hanya dengan harga CNY 199 atau berkisar Rp 422 ribuan saja.

Xiaomi Qin memiliki keypad T9 (keyboard fisik 9 angka), layar 2,8 inci yang menjalankan resolusi 320 x 240, dan desain yang sangat retro. Ini tentu mengingatkan kembali ke zaman keemasan ponsel Nokia 3310.

Seperti disinggung di atas, Xiaomi Qin akan memiliki akses ke beberapa kemampuan kecerdasan buatan, seperti terjemahan real-time 17 bahasa, Bluetooth, Wifi, dan konektivitas 4G pada model lainnya.

Xiaomi Qin akan datang dalam dua model. Pertama, Qin 1 dengan kekuatan lebih rendah dari model kedua Qin 1S. Qin 1 akan hadir dengan chipset MediaTek MT6260A, satu inti CPU ARM7, 8 MB RAM, dan 16 MB penyimpanan. Yup, itu MB, bukan GB.

Qin 1 hanya akan memiliki akses ke jaringan 2G, dan tidak memiliki akses ke GPS atau LTE, tetapi akan memiliki konektivitas Wifi dan Bluetooth 4.2. Qin 1 akan berjalan pada sistem operasi yang dikenal sebagai ‘Nucleus’.

Sementara yang kedua, handset yang lebih kuat adalah Qin 1S. Xiaomi Qin 1S memiliki chipset Spreadtrum SC9820, dua core 1,2 GHz Cortex-A53, dan RAM 256 MB yang sangat perkasa ditambah 512 MB penyimpanan onboard.

Qin 1S memiliki akses ke jaringan 4G dan GPS, serta akan berjalan pada sistem operasi yang disebut sebagai ‘MOCOR 5’. Selain terdengar seperti salah satu penjahat Kapten Amerika, ada sedikit yang diketahui tentang OS ini.

Kedua handset akan dilengkapi dengan baterai 1.480 mAh yang diklaim Xiaomi akan bertahan hingga 15 hari dengan sekali pengisian daya. Kemudian perangkat ini juga dilengkapi dengan dukungan dual-SIM, zapper inframerah, dan banyak fitur lainnya.

Perbedaan terbesar antara ponsel ini dengan ponsel feature lainnya adalah, baik Qin 1 ataupun Qin 1S, memiliki kamera di bagian depan atau belakang serta headphone jack.

Xiaomi Qin 1 akan tersedia di harga CNY 199 atau sekitar Rp 422 ribuan, sementara upgrade ke Qin 1S akan membutuhkan harga hingga CNY 299 atau setara dengan Rp 630 ribuan. Ponsel ini akan dirilis pada 15 September mendatang hanya di negeri asalnya Tiongkok. Belum dapat dipastikan apakah Xiaomi akan membawanya ke pasar lain selain rumahnya (Tiongkok).

(ce1/ryn/JPC)

Respon Anda?

komentar