Petugas merapihkan KTP warga yang sudah jadi.
Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam terus berusaha mendistribusikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sudah dicetak dan tak kunjung diambil oleh pemilik kartu di kantor kecamatan.

“Saya sudah arahkan hal ini ke camat-camat, supaya distribusinnya diperkecil dan dapat lebih mudah dijangkau warga,” kata Kepala Disdukcapil Kota Batam, Said Khaidar, kemarin.

Ia mengatakan, para camat cukup membuat berita acara penyerahan kepada para lurah di masing-masing wilayah mereka. Setelah itu, para lurah menginformasikan ke RT RW.

“RT RW yang melanjutkan informasi ke warga. Mana tahu ada di antara pemilik KTP itu adalah warga mereka (RT dan RW),” imbuhnya.

Ia tidak mengimbau, dokumen kependudukan ini tidak sampai ke tingkat RT RW. “takut tercecer dan disalahgunakan. RT RW cukup menyampaikan saja kepada warga,” tambahnya.

Ia mengaku, cara mendekatkan distribusi KTP sudah beberapa waktu ini dilaksanakan, dan prosesnya tengah berlangsung. Menurutnya, warga cukup memanfaatkan kemudahan ini dan mengambil KTPnya masing-masing di kelurahan tempat warga tinggal.

“Bagaimanapun, warga akan butuh dokumen ini suatu saat,” pungkasnya. (iza)