Iklan

batampos.co.id – Minggu depan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Batam akan melakukan aktivasi tiga pasar milik pemerintah di tiga daerah.

  • Pasar Seroja Sagulung,
  • Pasar Hang Tuah Batubesar Nongsa,
  • Pasar Tiban Kampung

Ketiga pasar ini lama mati atau mangkrak ditinggal pembeli maupun pedagang.

Nantinya aktivasi tiga pasar pemerintah ini, Disperindag Batam akan melibatkan instansi lainnya seperti Bulog Batam serta Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Batam.

“Pertemuan dengan Bulog dan Gapoktan sudah kami lakukan. Kami ingin juga memberdayakan masyarakat kelompok tani di Batam melalui Gapoktan untuk mau menjajakan atau menjual hasil pertaniannya di pasar pemerintah yang kami aktifkan,” ujar Kabid Pasar Disperindag Batam, Zulkarnain, Jumat (10/8) sore.

Nantinya dalam mengaktifkan kembali tiga pasar milik pemerintah, OPD pembinanya yang akan dipercayakan mengawasi aktivitas pasar adalah Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Batam.

Sementara Kepala Bulog Batam, Agung Rochman mengakui bahwa pihaknya diminta ikut membantu Disperindag dalam mengaktifkan kembali tiga pasar milik pemerintah.

“Untuk tahap awalnya, akan dibuat kegiatan pasar murah untuk menarik minat masyarkat, agar mau berbelanja di pasar pemerintah yang tentunya dengan jadwal yang sudah ditentukan. Kedepannya kami akan coba koordinasikan dengan binaan kami yakni Rumah Pangan Kita (RPK) yang berada di wilayah sekitar pasar. Dari sinilah nantinya kami percayakan ke RPK terdekat dari lokasi pasar pemerintah untuk mensuplai barang yang dijual di pasar,” terang Agung Rochman.

Sebab, lanjutnya, kalau suplainya dilakukan langsung oleh Bulog di Batuampar, di rasa kurang efektif dan memakan waktu dan tenaga.

“Kalau kami gerakkan RPK sekitar pasar pemerintah, kan lebih dekat dan bisa langsung mensuplai. Keuntungan lainnya, RPK ini bisa memperluas outletnya. Tinggal kami dari Bulog mensuplai barang ke RPK. Nantinya RPK yang akan memasarkan di pasar pemerintah tersebut. Tinggal bagaimanan nantinya memancing minat masyarkat agar mau melirik kembali belanja ke pasar pemerintah. Istilahnya ini upaya awal kami membantu Pemko Batam dalam mengaktifkan kembali pasar pemerintah,” katanya. (gas)

Advertisement
loading...