Warga melihat papan penguman di Kantor KPU Kota Batam di Sekupang, Kamis (5/7). F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam menemukan ribuan data pemilih ganda selama proses daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) jelang berakhirnya waktu perbaikan 12 Agustus besok.

Komisioner KPU Batam, Sudarmadi mengatakan ribuan data pemilih ganda ini ditemukan hampir di 64 kelurahan yang tersebar di Batam. Beberapa kecamatan yang banyak ditemukan data pemilih ganda diantaranya, Batamkota, Sagulung fan Batuaji.

“Beberapa PPS sudah mulai pleno. Paling lambat besok (hari ini, red) datanya sudah diserahkan ke kami,” kata dia, Jumat (10/8).

Selanjutnya DPSHP perbaikan ini akan diproses dan diplenokan dan ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT) 22 Agustus mendatang.

“daftar pemilih masih naik turun. Angka di DPSHP bisa saja berubah di DPT nanti,” sebutnya.

Sudarmadi menambahkan dengan turunnya edaran KPU 563 bulan Juni 2018 tentang pendataan pemilih. Mereka yang tidak masuk dalam data pemilih disebabkan beberapa hal seperti baru pindah akan didata menjadi pemilih pasca ditetapkannya DPT.

“Nanti mereka masuk di DPT-B,” imbuhnya.

Ia mengungkapkan dari data 1.096 pemilih yang dilaporkan tidak memiliki e-KTP oleh KPU, sebanyak 400 lebih bermasalah dan tidak bisa diproses. sebagian dari mereka telah meninggalkan Batam, ada juga yang NIKnya bermasalah sehingga kartu penduduk tak bisa diproses.

“Jadi hanya 600 yang bisa diproses e-KTPnya, sisanya menunggu hingga penetapan DPT,” lanjutnya.(yui)