batampos.co.id – Horizon Air kecolongan. Salah seorang pegawainya berulah. Dia mencuri pesawat turboprop jenis Bombardier Q400 Jumat (10/8) sekitar pukul 20.00 waktu setempat. Pria 29 tahun itu lantas menerbangkannya sebelum akhirnya jatuh. Korban jiwa hanya si pelaku. Sebab, pesawat dengan kapasitas 76 orang itu tak berpenumpang.

’’Kami sedang mencari tahu apa yang bisa kami lakukan terkait insiden yang sudah terjadi,’’ ujar CEO Alaska Air Group Brad Tilden kemarin (11/8) sebagaimana dilansir Reuters. Horizon Air merupakan salah satu anak perusahaan Alaska Air Group. Administrasi Penerbangan Federal (FAA), FBI, dan Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) juga ikut turun untuk mencari motif pelaku.

CNN melansir, saat kejadian, pesawat yang dicuri itu tengah berada di area perawatan di Bandara Internasional Seattle-Tacoma. Entah bagaimana, pegawai ground service itu bisa masuk, membawa pesawat di landasan pacu dan menerbangkannya tanpa izin.

Salah seorang penumpang pesawat lain yang tengah berada di landasan pacu, Ben Schaechter, menyebut seorang pilot pesawat kosong telah mengabaikan perintah dari menara ATC. Sesaat setelah pelaku menerbangkan pesawat, dua jet tempur F-15 langsung mengikuti. Tujuannya tentu saja menjaga agar pesawat curian itu tidak dijatuhkan di area padat penduduk.

Pelaku berhasil berada di udara selama sekitar satu jam. Dia sempat berbincang dengan petugas ATC. Termasuk bertanya apakah dia bakal direkrut sebagai pegawai Alaska Airlines jika berhasil mendaratkan pesawat. Dia mengaku bisa mendaratkan sendiri karena sering bermain game simulasi pesawat.

Pelaku sempat bermanuver dengan pesawat itu sebelum akhirnya jatuh di Ketron Island, Puget Sound. Jaraknya dari bandara sekitar 64 kilometer. Beberapa saksi sempat mengira itu adalah pertunjukan udara. Tidak ada korban jiwa kecuali pelaku sendiri. Dua pesawat F-15 yang diterjunkan tak terlibat dalam jatuhnya pesawat tersebut.

’’Melakukan stunts di udara atau kurangnya kemampuan mengemudikan pesawat menjadi penyebab jatuhnya.’’ Bunyi pernyataan Sheriff Pierce County Paul Pastor. Menurut dia, itu adalah aksi bunuh diri, bukan tindak terorisme. ’’Teroris tidak akan bermanuver di atas air,’’ tambahnya. (sha/c17/ttg)

Advertisement
loading...