Sabtu, 20 April 2024

Aksesori Kemerdekaan Diburu Warga

Berita Terkait

Azman memperlihatkan dagangannya di Jalan Basuki Rahmat Tanjungpinang, Minggu (12/8). F. Yusnadi/batampos.co.id

batampos.co.id – Menjelang momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 pada 17 Agustus nanti, pedagang musiman yang menjual pernak-pernik dan aksesori kemerdekaan juga bermunculan.

Salah satunya, Azman, yang berjualan di simpang lampu merah jalan Basuki Rahmat Tanjungpinang, Minggu (12/8). Ia mengatakan, dirinya bisa meraup untung yang lumayan besar. ”Ada (untung) sampai Rp 100 ribu per hari. Alhamdulillah, untungnya lumayan,” katanya.

Pernak-pernik yang dijualnya pun beragam, mulai bendera ukuran kecil untuk spion sepeda motor, gantungan kunci, aksesoris merah putih untuk mobil, dan tempelan bendera ukuran kecil untuk di kaca mobil. Semua aksesoris tersebut dijual dengan harga yang cukup murah dan terjangkau, mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu per unit.

”Yang paling laku itu gantungan merah putih untuk di mobil sama bendera ukuran kecil,” akunya.

Salah seorang pedagang lainnya yakni Ade menuturkan, sejumlah pernak-pernik yang dijualnya antara lain, bendera plastik, bendera merah putih dari ukuran kecil hingga besar, background merah putih maupun background bergambar Pancasila, serta umbul-umbul warna-warni. Semua bendera tersebut dijual dengan harga yang bervariasi. Mulai dari harga Rp 10 ribu hingga ratusan ribu.

”Yang cukup mahal itu background, karena dihitung per meter,” katanya.
Ia berharap, peringatan 17 Agustus dapat dimanfaatkan masyarakat dengan memasang bendera, baik di depan rumah, kantor, kendaraan maupun tempat lainnya. (odi)

Update