Iklan
ilustrasi foto: bank indonesia

batampos.co.id – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengupayakan tidak ada tunda bayar pembayaran, terhadap proyek yang tengah dikerjakan Pemerintah Kota Batam saat ini. Meskipun Batam mengalami defisit cukup besar yang mencapai Rp 268 miliar.

Iklan

“PAD kita kan masih sampai Desember. Sekarang masih jalan terus. Ya kami usahakan tak ada tunda bayar lah,” kata Rudi usai meninjau lokasi Tabligh Akbar di Dataran Madani, Sabtu (11/8).

Ia menjelaskan beberapa kegiatan tetap berjalan seperti yang telah direncanakan. Hingga saat ini seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih menghitung apa saja yang terdampak dari defisit kali ini. “Makanya semua saya minta bekerja dengan baik agar PAD kita bisa tercapai, sehingga semua proyek jalan dan selesai sesuai dengan perencanaan,” jelasnya.

Menurutnya, hal terpenting adalah proyek berjalan dengan baik, permasalahan ditunda atau tidaknya bisa dilihat nanti. “Yang penting kan dibayar. Kalau dapat jangan tertunda,” ungkapnya.

Ia berharap tidak ada tunda bayar seperti pengerjaan proyek di tahun lalu. “Itulah urusan kami (Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam, red) bagaimana bisa lebih baik dari tahun sebelumnya, yang penting semua pengerjaan tak ada yang terhenti atau terbengkalai,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Batam, Yumasnur mengatakan beberapa proyek sudah masuk dalam tahap lelang diperkirakan mulai dikerjakan akhir bulan ini.

“Yang berjalan tetap lanjut. Akhir bulan ini kami sudah mulai kerjakan yang baru selesai proses lelangnya,” sebut dia.

Menurutnya, proyek yang tengah dilelang ini berkemungkinan tidak terkena rasionalisasi, meskipun defisit, proyek fisik yang ada di dinasnya belum ada yang terdampak. “Yang prioritas tetap berjalan. Karena Pak wali sangat konsen pada pembangunan infrastruktur ini,” lanjutnya.

Disinggung mengenai capaian pengerjaan di Agustus ini, Yumasnur menyebutkan masing-masing jalan memiliki pencapaian berbeda-beda seperti yang terlihat di Tanah Longsong, Batuampar sudah selesai diaspal.

“Sudah selesai. Pengendara sudah leluarsa jalan,” imbuhnya.(yui)