Bupati Anambas Abdul Haris foto bareng saat festival Padang Melang beberapa waktu lalu. F. Syahid/batampos.co.id

batampos.co.id – Sekretaris Dewan Pertahanan Nasional (Wantanas) RI Letjen Doni Monardo, bersama anggota melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Anambas Jumat (10/8) dan Sabtu (11/8).

Kedatangan mereka bertujuan melihat potensi daerah kemudian memaksimalkan potensi daerah demi terciptanya ketahanan secara umum, mulai dari ketahanan pangan, hingga ketahanan secara nasional.

Rombongan dijemput Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris bersama Wakilnya Wan Zuhendra. Mereka langsung meninjau sentra perikanan budidaya ikan kerapu dan napoleon yang ada di Desa Air Sena Kecamatan Siantan Tengah. Rombongan juga meninjau tempat wisata Arung Hijau, Desa Tiangau Kecamatan Siantan Selatan
Doni Monardo, mengaku Anambas merupakan daerah yang memiliki banyak keunggulan seperti bidang pariwisata, maupun perikanan.

”Anambas memiliki pemandangan alam yang spektakuler. Bukan hanya pemandangan alam laut saja, tapi pepohonan di Anambas masih sangat bagus yang tumbuh di lahan yang sangat subur,” ungkapnya ketika berdialog bersama bupati dan sejumlah pejabat tinggi pemerintah daerah kabupaten kepulauan Anambas di rumah Dinas Bupati Kepulauan Anambas Jumat (10/8) sekitar pukul 22.00 WIB.

Ia berharap kayu-kayu besar sekitar perbukitan tidak ditebang karena bisa berdampak negatif pada ekosistem laut. ”Kalau ditebang, bisa longsor dan lumpurnya bisa menimbun karang, itu akan memutuskan rantai makanan di laut,” jelasnya.

Pemda juga harus mengajak masyarakat untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan. Karena hal itu dapat berpengaruh terhadap kedatangan wisatawan asing ke Anambas.
Dirinya mengaku melihat banyak sekali sampah plastik di sekitar pantai dan pemukiman warga khususnya yang tinggal di tepi laut. ”Kalau sampah plastik tersebut tidak ada, bisa meningkatkan daya tarik wisman,” ungkapnya lagi. (sya)