Wakapolres Karimun, Kompol Agung Gima Sunarya didampingi Kasat Reskrim AKP Lulik Febyantara menunjukkan barang bukti curat komplotan Jang CS, Sabtu (11/8). F. Sandi Pramosinto/batampos.co.id

batampos.co.id – Satreskrim Polres Karimun meringkus empat tersangka pencurian dan pemberatan (Curat) di beberapa lokasi. Para tersangka bernama Jang, Anto alias Surya, Andi, dan anak di bawah umur berinisial Em yang sudah 31 kali beraksi di wilayah hukum Polres Karimun.

Saat penangkapan, salah seorang tersangka bernama Jang terpaksa ditembak petugas karena berusaha melarikan diri. “Kita sudah memberikan tembakan peringatan, namun tidak dihiraukan pelaku. Akhirnya tersangka yang sudah keluar masuk bui itu kita lumpuhkan dengan timah panas,” ujar Wakapolres Karimun, Kompol Agung Gima Sunarya saat melakukan konferensi pers di Mapolres Karimun, Sabtu (11/8).

Agung menyampaikan, penangkapan para pelaku berawal dari informasi masyarakat terkait adanya aksi curat di Perumahan Balai Garden Kelurahan Kapling Kecamatan Tebing, Senin, (6/8) pukul 22.00 WIB.

Setelah dilakukan penyelidikan, petugas berhasil mengamankan Anto di Jalan Poros, Karimun. Kepada petugas, tersangka Anto mengaku tidak sendirian.
“Tersangka beraksi bersama tiga orang rekannya,” kata Agung. Setelah dilakukan pengembangan, petugas kembali mengamankan tiga tersangka lainnya.

Dari tangan para pelaku, petugas mengamankan barang bukti berupa uang hasil kejahatan sebanyak Rp 59 juta, 30 unit ponsel berbagai merek kalung emas putih imitasi seberat 6,130 gram, 1 buah cincin emas seberat 6,2 gram.

Serta dua motor merek Honda Supra BP 2695 KS dan dua unit Honda Beat BP 4859 KO dan BP 3268 KI. “Kami imbau warga yang pernah merasa kerampokan silahkan melaporkan kepada pihak yang berwajib,” katanya.

Menurut tersangka, sebelum beraksi mereka berpura-pura mencari barang rongsokan. Ketika melihat rumah kosong mereka langsung masuk dengan merusak jendela dan atap rumah. (san)