batampos.co.id – Polri kembali menggerakkan gerbongnya. Senin (13/8) Korps Bhayangkara itu memutasi 97 perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) nya. Yang menarik, ada sembilan kapolda yang dimutasi, salah satunya Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi.

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri bernomor ST/2014/VIII/KEP/2018, Didid akan dimutasi menjadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri. Sementara jabatan yang ia tinggalkan akan digantikan Irjen Pol Andap Budhi Revianto yang sebelumnya sebagai Kapolda Maluku.

Terkait kabar mutasi ini, Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Erlangga masih enggan berkomentar. Sebab ia mengaku belum mendapatkan informasi resminya.

“Belum tahu,” singkat Erlangga, Senin (13/8).

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Polisi Setyo Wasisto membenarkan terbitnya surat mutasi dari Kapolri tersebut. Ia menyebutnya hal yang biasa dalam rangka penyegaran di institusi Polri. “Ya benar. Ini mutasi rutin dalam rangka penyegaran,” katanya, di Jakarta, Senin (13/8).

Dengan pergantian ini, Irjen Didid telah bertugas selama sembilan bulan di Kepri, terhitung sejak 16 November 2017 lalu.

Selain Didid, ada delapan kapolda lain di sejumlah daerah di Indonesia yang dimutasi. Di antaranya Kapolda Jatim Irjen Mahfud Arifin digantikan oleh Irjen Lucky Hermawan yang sebelumnya menjabat Wakabaintelkam. Irjen Mahfud digeser menjadi Analisa Kebijakan Utama bidang Sabhara Baharkam Polri.

Lalu, Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Paulus Waterpau digantikan oleh Brigjen Agus Adrianto, yang saat ini menjabat Wakapolda Sumut. Selanjutnya, Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar digeser menjadi Wakalemdiklat Polri dan posisinya diisi Irjen Martuani Sormin, yang kini menjabat Kadivpropam Polri.

Irjen Pol Andap
foto: ambon expres

Kapolda Maluku juga berganti. Irjen Andap Budhi digantikan Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa. Posisi Kakorlantas diisi oleh Brigjen Refdi Andri, yang saat ini menjabat sebagai Karo Provost Divpropam Polri.

Selanjutnya, Kapolda Riau Irjen Nandang juga digantikan oleh Brigjen Eko Prihastoko yang kini menjabat Wakapolda Jatim. Posisi Kapolda Banten juga mengalami penyegaran dari Brigjen Listyo Sigit Prabowo ke Brigjen Teddy Minahasa Putra.

Kapolda Lampung Irjen Suntana digeser menjadi Wakabaintelkam dan posisi yang ditinggalkan diisi oleh Brigjen Purwadi Arianto, yang saat ini menjadi Wakapolda Metro Jaya.

Kemudian, Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Rachmat Mulyana digeser dan digantikan oleh Irjen Yazid Fanani.

Selain sembilan kapolda, ada beberapa perwira populer yang juga dimutasi. Salah satunya Karopenmas Divhumas Polri Brigjen M. Iqbal kembali ke Polda Jawa Timur (Jatim).

Iqbal digeser menjadi Wakapolda Jatim menemani Irjen Lucky Hermawan. Kapolda dan Wakapolda bersamaan diganti dengan sosok yang baru. Lucky belum bisa berkomentar banyak terkait jabatan barunya sebagai Kapolda Jatim. Walau diketahui Jatim cukup riskan karena beberapa kali aksi teror terjadi belakangan ini.

Namun, Iqbal mengaku siap untuk mendukung Kapolda dalam mengamankan Jatim. Iqbal dinilai memahami kondisi Jatim, mengingat dia pernah menjadi Kapolrestabes Surabaya. ”Saya siap secara maksimal membantu Kapolda dalam menjalankan tugas melayani masyarakat,” ujarnya, kemarin.

Pergantian pati dan pamen ini dinilai berkaitan dengan persiapan pengamanan Pilpres 2019. Mengingat pergantian dilakukan berdekatan dengan Pilpres. (ska/idr/JPG)

Advertisement
loading...