batampos.co.id – Suhu Kota Batam dalam tiga hari ini terasa sangat panas menyengat. Kondisi diperparah dengan tidak turunnya hujan selama tiga hari belakangan.

Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam mencatat suhu Kota Batam selama tiga hari belakangan berkisar mulai dari 27 hingga 35 Derajat Celcius.

“Memang cukup panas dibandingkan hari biasanya, tapi masih normal,” kata Kasi Datin Stamet Hang Nadim Batam, Suratman, Selasa (14/8).

Ia mengatakan suhu 35 derajat celcius terpantau di beberapa titik saja. Tidak semua daerah Batam terpapar suhu cukup tinggi tersebut.

“Rata-rata suhunya 33,6 Derajat Celcius, kalau dibulatin jadi 34 derajat juga,” ucapnya.

Terkait suhu panas ini, kata Suratman akan terjadi hingga Kamis (16/8). Namun Jumat (17/8) diprediksi akan turun hujan lokal, yang akan membuat suhu Batam menjadi lebih adem.

“Kalau dari pantauan kami, kelembapan udara yang cukup rendah di atmosfer lapisan atas kurang mendukung proses pertumbuhan awan-awan konvektif. Besok, kami perkirakan cerah,” tuturnya.

Suratman menghimbau masyarakat tidak perlu khawatir dengan cuaca yang panas menyengat ini. Karena masih dalam batas normal.

“Sering-sering minum air putih, agar tidak dehidrasi,” ungkapnya.

Salah seorang warga Bengkong, Habibi merasakan saat siang hari suhu di Kota Batam sangat menyengat dibandingkan hari biasa.

“Tidak hanya siang hari saja, malam hari juga saya merasa gerah. Akibatnya sering kebangun tengah malam, karena kegerahan,” tuturnya.

Saat malam hari, walaupun sudah menyalakan pendingin ruangan. Tapi Habibi tetap merasakah gerah.

“Biasanya itu saya setel 25 aja suhunya, tapi masih tetap panas. Terpaksa saya setel hingga 20,” ucapnya.

Habibi menuturkan kejadian seperti ini bukanlah pertama kali di Batam. Tahun lalu, kata Habibi suhu Kota Batam mencapai 34 derajat celcius.

“Gak setiap bulan juga, tapi ada masa-masanya kayaknya. Tahun lalu itu, panasnya juga seperti ini,” pungkasnya. (ska)