batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian Kabupaten Lingga bersama Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang menetapkan 12 peserta lulus dan layak mengikuti pelatihan dasar las dan pelatihan kelistrikan.

“12 orang itu telah melalui seleksi yang langsung dipimpin oleh tiga penyeleksi dari BBPLK Serang yakni Bambang, Asep, dan Jan,” kata Kabid Ketenagakerjaan Wahyudi Eka Putra, Senin (13/8) pagi.

Seleksi peserta pelatihan di BBPLK Serang dilakukan di Kantor Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Perindustrian Kabupaten Lingga, di Dabo Singkep. Sedangkan yang mengikuti seleksi sebanyak 24 orang, namun hanya 12 yang diterima. Ke-12 orang tersebut dibagi menjadi dua kelompok pelatihan. Yang mengikuti pelatihan dasar las delapan orang, sedangkan yang berminat mengikuti pelatihan kelistrikan empat orang.

Direncanakan, mereka akan diberangkatkan ke BBPLK Serang pada 26 Agustus mendatang. Peserta pelatihan dari Kabupaten Lingga ini akan aktif mengikuti pelatihan pada 27 Agustus. Untuk tiket dan akomodasi seluruh peserta akan diganti pihak BBPLK Serang.

Sebelumnya, BBPLK Medan juga telah melakukan penyeleksian peserta untuk diberangkatkan ke BBPLK Medan. Seluruh peserta tinggal menunggu keberangkatan mereka sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Sedangkan BBPLK yang telah mendidik peserta dari Kabupaten Lingga yakni BBPLK Bandung dengan bidang ilmu otomotif. Seluruh peserta dari Bunda Tanah Melayu saat ini telah mengantongi sertifikat dari BBPLK tersebut sebagai pembuktian SDM Kabupaten Lingga dapat bersaing dengan daerah lain.

“Kami memang berharap seluruh pelatihan yang kami galant bersama sejumlah BBPLK ini dapat meningkatkan kemampuan SDM Lingga dibanding daerah lain,” kata Wahyudi.(wsa)