Jumat, 29 Maret 2024

Natuna akan Ditetapkan Menjadi Kawasan Wisata Geopark Nasional

Berita Terkait

Gua hidung yang berada di pesisir Pantai Serasan, Natuna memiliki keunikan yang terbentuk dari batu. Keunikan batu dan gua ini menjadikan Natuna sebagai geopark nasional. F. Aulia Rahman/batampos.co.id

batampos.co.id – Natuna akan ditetapkan menjadi kawasan wisata Geopark Nasional dan Global Geopark Network. Namun, sejauh ini masih dalam tahap pembahasan dan survei.

Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti mengatakan, sebelumnya pemerintah daerah telah mengikuti pertemuan untuk koordinasi tindak lanjut roadmap rencana nominasi geopark Natuna sebagai Geopark Nasional dan Global Geopark Network (GGN) – UNESCO yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri di Jakarta.

Dalam tahapan ditentukan kawasan geopark nasional tersebut, katanya, masih melengkapi persyaratan dan kebutuhan anggaran. ”Saat ini zonasi geopark masih dalam survei untuk segera di-SK-kan dan dimasukkan dalam rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) Kabupaten Natuna,” kata Ngesti, Senin (13/8).

Dikatakan Ngesti, beberapa bahasan masih berjalan di antaranya proposal pengajuan dari Pemkab Natuna untuk dijadikan geopark nasional, dan penetapan SK zonasi dan SK tim pengelola geopark.

Selain itu, juga diperlukan penyusunan anggaran dan rencana kerja, nantinya diusulkan kepada Gubernur Kepri. Penetapan geopark nasional juga terus koordinasi teknis BPPK-Kemenlu, Badan Geologi, Kemenko Maritim.

Lokasi awal hanya berdasarkan sebaran batu dan lokasi wisata yang masuk dalam destinasi wisata, sehingga perlu survei lanjutan untuk menentukan zonasi geopark.
”Proposal juga masih menunggu tim survei dan bimbingan pakar geopark yang ditunjuk oleh badan geologi Kemenlu yakni Prof. Mega dari Unpad,” jelas Ngesti.

Sebelumnya Kemenlu RI bersama dengan Badan Geologi Nasional-Kementerian ESDM telah mengadakan rapat terbatas dengan perwakilan dari Kementerian Koordinasi Bidang Maritim dan beberapa tenaga ahli geopark dari kalangan akademisi serta perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Natuna di Bandung. Rapat ini menyusun roadmap rencana nominasi Geopark Natuna sebagai Geopark Nasional dan Global Geopark Network (GGN) UNESCO.

Proses dalam roadmap yang perlu mendapat perhatian dan dukungan serta kerja sama dari Kementerian Lembaga Pemerintah Provinsi dan Pemda terkait, serta partisipasi dari kalangan perusahaan (business community) dalam mendukung suksesnya pencanangan nominasi geopark Natuna tersebut.

”Hal ini penting mengingat upaya pencanangan nominasi geopark tersebut selain ditujukan untuk pengembangan pembangunan di wilayah Kepulauan Natuna juga secara geopolitik ditujukan untuk memperkuat kedaulatan wilayah Kepulauan Natuna dan kedaulatan wilayah perairan maritim Indonesia di kawasan pulau-pulau terluar,” kata Ngesti.(arn)

Update